Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wujudkan Indonesia Inklusif, Pegadaian Dongkrak Kualitas Pengusaha Disabilitas

Wujudkan Indonesia Inklusif, Pegadaian Dongkrak Kualitas Pengusaha Disabilitas Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

PT Pegadaian bekerja sama dengan Alunjiva Indonesia dalam program “Pemberdayaan Disabilitas untuk Indonesia Inklusif”. Beberapa yang hadir adalah Tris Avianty Ratna Jati selaku Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung,  Tutyk Indrawati selaku Deputi Operasional PT Pegadaian, Nicky Claraentia selaku Founder Alunjiva Indonesia, serta 30 peserta program.

Deputi Operasional PT Pegadaian, Tutyk Indrawati mengatakan program ini ditujukan untuk memberdayakan sebanyak 30 penyandang disabilitas yang merupakan pengusaha UMKM  di wilayah Bandung dan sekitarnya. 

Baca Juga: Kabar Emas Pegadaian Hari Ini: Emas Antam Stagnan, Emas UBS Naik Harga

"Program ini merupakan program lanjutan dari kota sebelumnya yaitu Surabaya dan sekitarnya," kata Tutyk kepada wartawan di Bandung, Selasa (28/11/2023).

Setelah melalui beberapa tahapan, terpilihlah 30 peserta yang memiliki usaha dari berbagai ragam jenis seperti Jasa, Retail, Makanan dan Minuman, Handcraft, dan Fashion. 

Peserta program pemberdayaan mendapatkan pendampingan online selama 3 (tiga) bulan dengan tujuan agar peserta mampu mengembangkan serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari usaha yang dijalankan selama ini. 

Adapun peserta mendapatkan mentoring one-on-one setiap bulannya yang diakhiri dengan presentasi pada sesi pitching day di depan para juri untuk memaparkan hasil inovasi dan ilmu yang sudah di dapat yang sebelumnya.

"30 peserta yang terpilih, mengikuti pelatihan selama tiga hari dengan pembelajaran beberapa materi seperti, Pentingnya Kesehatan Mental, Bisnis Model, Legalitas Usaha untuk UMKM, Literasi keuangan, Branding dan Pemasaran, Strategi Digital," jelasnya

Selain itu, memaksimalkan media sosial usaha, serta desain dan foto produk untuk media sosial Usaha. Ia menuturkan materi ini diberikan guna meningkatkan pengetahuan dan juga mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. 

Baca Juga: Per 27 November 2023, Harga Emas Pegadaian Jadi Segini

Bukan hanya itu, melalui pembelajaran dan pendampingan ini diharapkan  produk ataupun jasa usaha penyandang disabilitas dapat unggul, berdaya saing dan memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: