Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lihai Kembangkan Pasar Valas dan Rupiah, BI Angkat Topi buat Bank Mandiri

Lihai Kembangkan Pasar Valas dan Rupiah, BI Angkat Topi buat Bank Mandiri Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Mandiri terus mendukung Bank Indonesia (BI) dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan moneter untuk menjaga kestabilan sektor keuangan dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Atas hal itu, Pada Bank Indonesia Award 2023, BI memberikan apresiasi melalui tiga penghargaan terkait pengembangan pasar uang kepada Bank Mandiri.

Bank bersandi saham BMRI ini dinobatkan sebagai Pendukung Pengembangan Pasar Uang Rupiah Terbaik, Pendukung Pengembangan Pasar Valas Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung Inovasi Operasi Moneter Valas Terbaik. Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo kepada Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Eka Fitria, di Jakarta, Rabu (29/11/2023) malam.

Eka menyatakan penghargaan ini merupakan bukti atas komitmen Bank Mandiri yang secara aktif melakukan inovasi dan transformasi yang fokus untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Baca Juga: Perubahan Kepemilikan Saham Terjadi di Bank Mandiri, Siapa Lagi Pembelinya?

“Kami bangga dan bersyukur atas penghargaan ini, yang merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh Mandirian, yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah,” ujar Eka dalam keterangan resmi pada Kamis (30/11/2023).

Menurut Eka, konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung BI didasari oleh komitmen perseroan untuk menjadi institusi keuangan yang berperan aktif dalam penciptaan industri finansial domestik yang kuat serta mampu mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. 

“Dalam mendukung pengendalian moneter, misalnya, kami memiliki basis nasabah eksportir yang sangat besar sehingga mampu menyediakan kebutuhan valas di pasar. Lalu, struktur pendanaan yang sangat kuat membuat Bank Mandiri mampu menyalurkan rupiah di pasar uang antar bank sehingga fluktuasi suku bunga di pasar uang antar bank relatif stabil,” jelas Eka.

Dia menegaskan bahwa hingga Oktober 2023, transaksi valas Bank Mandiri telah menunjukkan pertumbuhan yang substansial sebesar 18,27% year to date, didukung oleh basis nasabah eksportir dan importir yang kuat. Baca Juga: Gelar Mandiri Sahabat Edukasi 2023, Bank Mandiri Ajak Anak Muda Gacor di Bisnis Digital

Sedangkan dalam mendukung pendalaman pasar uang, jelasnya, Bank Mandiri aktif membantu BI mengembangkan produk-produk di pasar keuangan domestik. Contohnya, produk transaksi repo antar bank dimana Bank Mandiri menjadi market leader dan aktif mensosialisasikan produk ini kepada industri perbankan nasional.

“Untuk transaksi repo, kami telah berhasil meningkatkan jumlah mitra perbankan dalam transaksi repo menjadi 82 bank, memperkuat jaringan kemitraan untuk melakukan penetrasi pasar keuangan secara lebih komprehensif,” pungkas Eka.

Baca Juga: Tim Hukum AMIN Endus Dugaan Pelanggaran Pemilu di Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: