Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Jabar: Pertumbuhan Ekonomi Naik 4,57%

BI Jabar: Pertumbuhan Ekonomi Naik 4,57% Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Jawa Barat patut bersyukur atas kinerja apiknya pada triwulan III 2023 yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,57%.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bambang Pramono mengatakan pertumbuhan ekonomi turut didukung dengan stabilitas harga di Jawa Barat, sejalan dengan realisasi inflasi Oktober 2023 yang tercatat rendah sebesar 2,58% (yoy).

Baca Juga: Hadiri Global Muslim Business Forum, Wapres Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah di Tataran Global

"Atas capaian tersebut, Bank Indonesia memprakirakan ekonomi Jawa Barat pada tahun 2023 akan tumbuh positif di kisaran 4,7%-5,5%, dengan rentang inflasi yang berada dalam sasaran sebesar 3%±1%," kata  Bambang kepada wartawan usai mengikuti kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Provinsi Jawa Barat 2023 di Bandung, Rabu (29/11/2023) malam.

Pencapaian positif tersebut tidak lain merupakan hasil kerja keras seluruh stakeholders di Jawa Barat, khususnya Pemerintah Daerah, akademisi, pelaku usaha, media massa dalam mewujudkan bergeraknya roda perekonomian Jawa Barat.

Bambang menyebutkan memasuki tahun 2024, perekonomian global masih menghadapi sejumlah tantangan. Ketegangan geopolitik yang masih berlanjut, suku bunga global yang berada di level yang tinggi disertai dengan kebijakan moneter ketat berbagai negara maju berpotensi menimbulkan ketidakpastian ekonomi. 

Selain itu, beberapa tantangan struktural seperti gejolak harga pangan, utamanya beras, hingga belum meratanya realisasi investasi membayangi kinerja pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. 

"Untuk mengantisipasi dampak berbagai tantangan tersebut, sinergi dan kolaborasi dalam memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi menjadi kunci," tegasnya 

Baca Juga: Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, Warta Ekonomi Gelar Seminar Menakar Regulasi Ekosistem Kendaraan Listrik

Bambang menjelaskan, terdapat 7 rekomendasi kebijakan dalam mendorong kebangkitan ekonomi Jawa Barat. Rekomendasi pertama adalah memperluas upaya pengendalian inflasi pangan yang bersifat seasonal dan struktural. Kedua, menjaga daya beli masyarakat melalui insentif, optimalisasi realisasi belanja pemerintah, mendorong pemerataan realisasi investasi hingga mendorong ekspor dan local value chain industri besar. Rekomendasi ketiga, mendorong akselerasi pembangunan infrastruktur konektivitas. 

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: