Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kengembangkan Ekonomi Syariah, Allianz Syariah Fokus ke Bisnis Asuransi Syariah

Kengembangkan Ekonomi Syariah, Allianz Syariah Fokus ke Bisnis Asuransi Syariah Kredit Foto: Wafiyyah Amalyris
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia atau Allianz Syariah telah secara resmi beroperasi sejak 1 November 2023. Allianz Syariah hadir bukan hanya untuk memberikan layanan dan perlindungan kelas dunia, tapi juga bisa saling menguatkan dan bahkan menebar kebaikan antar sesama.

Peluncuran Allianz Syariah yang turut dihadiri langsung Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Kehadiran Wapres menegaskan dukungan penuh pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi syariah, termasuk asuransi syariah.

"Inovasi produk-produk baru asuransi perlu didorong. Namun, semua itu tetap harus dilaporkan dan berizin resmi dari otoritas. Aspek kejujuran, keterbukaan, akuntabilitas, dan perlindungan nasabah juga merupakan prinsip-prinsip yang senantiasa harus dikedepankan," ujar Wapres dalam sambutannya. 

Sesuai dengan prinsip asuransi syariah antara lain menyangkut kebersamaan, tolong menolong dan keadilan, produk-produk Allianz Syariah dapat diakses setiap kalangan masyarakat. Dengan prinsip tersebut, produk asuransi Allianz Syariah tidak hanya berfungsi sebagai instrumen keuangan, melainkan juga sarana mewujudkan nilai-nilai kebaikan bersama.  

Prinsip syariah dalam asuransi, yang mencakup keadilan, transparansi, inklusivitas dan saling membantu sesama, sejalan dengan komitmen Allianz Syariah untuk menyediakan perlindungan yang inklusif. Melalui value Allianz Syariah, yaitu Universal, Trustworthy, Fairness, Collaborative, dan Security Allianz Syariah menyediakan produk syariah yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, terfokus, dan relevan dengan perkembangan zaman.

Karena itu, sejak awal kehadirannya di tengah masyarakat Indonesia, Allianz Syariah langsung menggelorakan kampanye #kebaikanyangmenguatkan. Sebab, prinsip yang dikampanyekan inilah yang menjadi keunggulan layanan asuransi Allianz Syariah. 

Baca Juga: Allianz Life Syariah Menjawab Kebutuhan Masyarakat Indonesia atas Gaya Hidup Halal

Selanjutnya, prinsip #kebaikanuntukmenguatkan itu diimplementasikan dalam berbagai program layanan asuransi Allianz Syariah, dari mulai Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan hingga  Asuransi Mikro.

Contohnya, AlliSya Care yang merupakan produk asuransi kesehatan dari Allianz Syariah yang pesertanya saling tolong-menolong melalui kontribusi yang dibayarkan ketika menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan. 

Bukan hanya itu, layanan asuransi Allianz Syariah juga memungkinan peserta mendapatkan penghasilan tambahan dengan memiliki produk AlliSya HANDAL melalui  Leads Generation Program. Hal ini terkait dengan pertumbuhan signifikan ekonomi syariah Indonesia.

Berdasarkan Laporan Perkembangan Keuangan Syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga akhir tahun 2022, total aset Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah mencapai Rp146,12 triliun, dengan laju pertumbuhan aset sebesar 20,88%.  Dari sisi market share, asuransi jiwa syariah tercatat sebesar 5,62%, sehingga potensi pasarnya masih sangat besar. 

Dalam penyelenggaraannya, Allianz Syariah berbasis konsep Syariah yaitu saling membantu sesama peserta melalui akad tabarru’. Akad tabarru’ dalam asuransi syariah dilakukan dalam bentuk hibah dengan tujuan kebajikan dan tolong menolong antar peserta, dan bukan untuk tujuan komersial. Dana hibah asuransi syariah inilah yang digunakan untuk menolong peserta lain yang tertimpa musibah dan melakukan klaim. Sedangkan Allianz Syariah bertindak sebagai pengelola asuransi jiwa syariah dengan akad wakalah bil ujrah. 

Baca Juga: Resmi Spin Off, Allianz Life Syariah Pertegas Komitmen Allianz Kembangkan Industri Keuangan Syariah di Indonesia

Selain itu, Allianz Syariah juga punya fitur wakaf dalam produk AlliSya Protection Life dan My Protection Bijak II dimana melalui fitur wakaf ini, peserta bukan hanya semakin terlindungi, tapi juga mendapatkan keberkahan pahala yang tidak terputus sampai akhirat kelak dengan mewakafkan Sebagian dari santunan asuransi dan/atau nilai investasi melalui pengelola wakaf (nazhir) yang bekerjasama dengan Allianz Syariah Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana mengungkapkan, tujuan kehadiran Allianz Syariah adalah untuk menjangkau semua lapisan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perlindungan kelas dunia dan nilai-nilai kebaikan syariah di dalamnya. 

“Kehadiran entitas baru Allianz Syariah adalah bukti nyata komitmen kami untuk berfokus pada bisnis asuransi syariah dan terus berpartisipasi mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia," katanya.

Namun, menurutya, perlindungan peserta bukan satu-satunya tujuan Allianz Syariah. Sebab, katanya, pada saat bersamaan, Allianz Syariah terus menyebarkan semangat berbagi kebaikan yang menguatkan. 

"Salah satu cara kami untuk mewujudkannya adalah melalui pencanangan Gerakan Mengasuransikan 10.000 Masyarakat Indonesia. Kami percaya semua yang diawali dengan niat baik akan berbuah kebaikan yang lebih besar lagi bagi kita semua,” tambahnya.

Pengalaman Allianz Indonesia dalam menyediakan perlindungan asuransi syariah telah dimulai sejak tahun 2006. Karena itu, nilai-nilai kebaikan sesuai prinsip syariah bukan hal yang baru bagi perusahaan. 

“Keunikan prinsip syariah menjadikannya solusi yang tidak terbatas pada kelompok muslim saja, melainkan memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh setiap kalangan secara universal,” tambahnya.

Baca Juga: Satgas Pangan Pantau Stok-Harga Sembako di Pasar Kreneng Denpasar

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: