Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tahun Depan, BI Prediksi Kredit Perbankan Tumbuh Double Digit

Tahun Depan, BI Prediksi Kredit Perbankan Tumbuh Double Digit Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, kredit/pembiayaan perbankan akan terus melanjutkan perbaikan dan diprakirakan akan tumbuh lebih tinggi. Bank sentral memprakirakan pertumbuhan kredit akan berada pada kisaran 10-12% pada 2024, dan 11-13% pada 2025.

"Perkiraan terus membaiknya pertumbuhan kredit ke depan juga konsisten dengan akan semakin meningkatnya aktivitas ekonomi domestik ke depan yang berdampak pada naiknya kebutuhan pembiayaan baik dari korporasi maupun rumah tangga, termasuk dari golongan generasi muda yang semakin besar perannya dalam perekonomian," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, kemarin. Baca Juga: Didorong Pemilu, BI Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 4,7-5,5% di Tahun Depan

Adapun kredit perbankan pada Oktober 2023 tumbuh 8,99% (yoy), didukung oleh appetite bank yang masih longgar dan mulai meningkatnya permintaan pembiayaan sejalan dengan kinerja korporasi yang masih tumbuh baik.

"Secara sektoral, pertumbuhan kredit tertinggi terutama terjadi pada sektor-sektor tersier, yang saat ini juga mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, seperti sektor jasa dunia usaha, perdagangan, dan jasa sosial," tutur Perry.

Selain itu, pembiayaan syariah juga terus meningkat mencapai 14,68% (yoy) pada Oktober 2023. Di segmen UMKM, pertumbuhan kredit mencapai 8,36% (yoy), antara lain didukung oleh penyaluran KUR yang semakin meningkat. Baca Juga: Lihai Kembangkan Pasar Valas dan Rupiah, BI Angkat Topi buat Bank Mandiri

"Ke depan, BI akan terus mendorong penyaluran kredit/ pembiayaan perbankan dan memperkuat sinergi dengan Pemerintah untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, terutama pada sektor-sektor prioritas, inklusif, dan ekonomi hijau," imbuhnya.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: