Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pesan Wapres Ma’ruf untuk Mahasiswa UI: Cermatilah Model Bisnis Syariah Level Global

Pesan Wapres Ma’ruf untuk Mahasiswa UI: Cermatilah Model Bisnis Syariah Level Global Kredit Foto: Laras Devi Rachmawati
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin baru saja memberikan sambutan dalam acara Indonesia Sharia Economic Outlook 2024 yang diselenggarakan di Universitas Indonesia, Selasa (5/12/2023).

Mengangkat tema Visi 2024 & Tahun Politik: Membaca Arah Ekonomi Syariah Indonesia ke Depan, Wapres mengatakan pengembangan inovasi-teknologi ekonomi dan keuangan syariah sangat menentukan keberhasilan dalam mengoptimalkan potensi yang menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan ivestasi halal.

Baca Juga: Transformasi Positif Perwakafan: Wapres Dorong Optimalisasi Pengelolaan Wakaf Produktif

“Hari ini saya berbicara di salah satu kampus terbaik di Indonesia. Saya titip kepada Universitas Indonesia untuk terus mencermati tren di tingkat global yang akan mempengaruhi model bisnis dan keuangan syariah, sehingga kita dapat mengantisipasi perubahan, merebut peluang, dan memenangkan persaingan,” ungkap Wapres.

Lebih lanjut menurutnya, dalam konteks pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, kemampuan berinovasi juga harus dikuasi oleh ulama karena kesesuaian aktivitas ekonomi dan keuangan dengan syariat Islam sebagian besar ditentukan oleh ijtihad ulama.

“Oleh sebab itu, saya mendorong kerja sama kaum intelektual dan ulama Indonesia, agar langkah dan strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional semakin inovatif dan terpadu, sehingga bangsa kita menjadi pelopor dalam inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah nasional dan global,” kata dia.

Meskipun tak lama lagi pergantian pemerintahan dilaksanakan, Wapres menyatakan bukan berarti terdapat alasan berhentinya upaya bangsa untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air.

“Saya bercita-cita, kelak literatur rujukan tentang ekonomi dan keuangan syariah dunia berasal dari Indonesia. Ahli-ahli ekonomi dan keuangan syariah yang berbicara di panggung-panggung ekonomi global juga orang Indonesia,” tuturnya

Baca Juga: Buka Rakornas BWI, Wapres Paparkan Strategi Kembangkan Wakaf Produktif untuk Pemberdayaan Masyarakat

Wapres meminta, Perguruan Tinggi terus mengawal keberlanjutan program ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus utama pembangunan nasional jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, di tingkat nasional dan daerah.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Laras Devi Rachmawati
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: