Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meski Digempur Produk Impor, Brand Lokal Malah Makin Diminati Masyarakat

Meski Digempur Produk Impor, Brand Lokal Malah Makin Diminati Masyarakat Kredit Foto: Paragon Corp
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kehadiran merek lokal semakin mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Hal tersebut terpampang nyata dalam Survei Ipsos Global Trends 2023 yang mengungkapkan bahwa 51 persen masyarakat Indonesia meyakini bahwa kualitas merek lokal mampu bersaing dengan merek global.

Peran merek lokal saat ini semakin signifikan dan berpotensi memberi kontribusi lebih besar dalam pembangunan ekonomi meski digempur oleh produk impor. 

CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp, Salman Subakat membagikan pengalaman Paragon Techonology & Innovation menavigasi brandnya melewati masa sulit dan ramainya brand skincare pendatang baru ke dalam pasar Indonesia. 

Baca Juga: TEI Kembali Fasilitas Industri Lokal Mendunia, Begini Kata Kemenperin!

“Dahulu Paragon hanya punya Wardah dan setelah 38 tahun sekarang sudah ada 16 brand. Tetapi tantangan eksternalnya pun tidak kalah sengit, sejak sekitar tahun 2010 di Indonesia ada ribuan brand baru untuk kecantikan dan perawatan kulit, tetapi kabar baiknya adalah masyarakat Indonesia kini semakin sadar dan bangga pakai brand lokal yang berkualitas, jadi saya mau semua pemilik brand lokal Indonesia untuk terus perkuat posisinya karena faktanya orang Indonesia itu cinta dengan merek lokal. “ ujarnya, dalam acara sharing session Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023 yang bertajuk “Navigating Multile Challenge to Become best Brand: Lesson Learnt From The Champion”. 

Baca Juga: MenKopUKM Ungkap Revolusi Lokal Jadi Momen Keberpihakan Terhadap Produk UMKM

Selain Salman, adapula Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia dan Bernando Pardamean, Head of Marketing Sari Murni Grup yang menjadi pembicara. 

Adapun, Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023 diselenggarakan oleh Majalah SWA dan MARS. Radhi Hersemiaji Kartowisastro, CEO Mars Digital Indonesia mengungkapkan untuk mensurvei Indonesia Best Brand tahun ini pihaknya melibatkan 5000 responden baik itu personal maupun rumah tangga. 

“Dalam survei kami buat dalam 124 kategori produk dan tahun ada banyak nama-nama baru di kategori baru maupun di kategori yang sebelumnya sudah ada,” ucapnya. 

IBBA 2023 kali ini menampilkan nama-nama brand berikut sebagai pemenangnya: Momogi, Bridgestone, Meccaya – Salep 88, Sharp, Kacang Garuda, Gery Saluut, Pilus Garuda, Mountea, Gery Chocolatos, Okky Jelly Drink, Chocolatos, Sanyo, Beras Sania, Viva, Hufagripp, Bank Syariah Indonesia, Polytron, Adira Finance, Auto2000, Tolak Angin Sido Muncul dan Garda Oto.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: