Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Punya Pasar Jumbo, Wuling Makin Bergairah Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia

Punya Pasar Jumbo, Wuling Makin Bergairah Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wuling Motors (Wuling) hari ini resmi meluncurkan kendaraan listrik keduanya di Indonesia, yakni BinguoEV (baca: Bing-go EV). Momentum ini menegaskan komitmen jangka panjang Wuling dalam percepatan elektrifikasi kendaraan di Tanah Air dengan memproduksi dua kendaraan listrik di pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. 

Wuling pun resmi memulai kolaborasi strategis bersama tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel. Selain itu, Wuling juga berencana memperluas jaringan pengisian daya kendaraan listrik yang dilengkapi dengan fasilitas fast charging di Indonesia. Baca Juga: Resmi Meluncur, Wuling BinguoEV Dibandrol Paling Mahal Rp408 Juta

“Segmen kendaraan listrik kini telah meraih 2% market share di pasar otomotif Tanah Air, sementara secara global telah mencapai angka 10%. Bahkan di Tiongkok sendiri, sudah mencapai 35%. Hal ini menandakan bahwa era mobilitas ramah lingkungan sudah tiba dan kini semakin banyak masyarakat global menikmati solusi transportasi yang nyaman, efisien, dan rendah emisi. Oleh sebab itu, dengan semangat ‘Drive For A Green Life’, Wuling berkomitmen untuk terus berinovasi melalui produk kendaraan listriknya dan juga pengembangan ekosistem pendukungnya demi mewujudkan mobilitas ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia,” jelas Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana di Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Lebih lanjut katanya, komitmen Wuling dalam elektrifikasi kendaraan diwujudkan dengan memproduksi dua lini kendaraan listrik sekaligus, yakni Air ev dan BinguoEV secara lokal di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Keduanya pun mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia dengan Air ev yang mencatatkan lebih dari 13.000 unit penjualan sejak peluncurannya pada Agustus 2022 hingga saat ini dan menyandang predikat sebagai EV terlaris di Indonesia, serta capaian angka pemesanan lebih dari 3.000SPK yang ditorehkan BinguoEV sejak penampilan perdananya pada pertengahan bulan November lalu.

Pertumbuhan kendaraan listrik pun sejatinya berbanding lurus dengan pengembangan ekosistem pendukung yang terintegrasi. Salah satunya adalah fasilitas pengisian daya. Kendaraan listrik Wuling mengusung konsep easy home charging yang pengisian dayanya bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

"Namun, untuk melengkapi kemudahan pengisian daya dan memberi kenyamanan lebih bagi konsumen dalam mobilitas yang lebih jauh, Wuling berencana menghadirkan fasilitas pengisian daya cepat dengan format IEC BB sebanyak 100 titik di berbagai wilayah Indonesia pada 2024 melalui kerja sama dengan EVPower," tuturnya. Baca Juga: Sukses Cetak 2.000 SPK dalam Sekejap, Simak Sederet Keunggulan Wuling BinguoEV

Senada, Sales & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani, mengungkapkan bahwa pihaknya makin serius menggarap pasar kendaraan listrik di Indonesia. Apalagi kontribusi penjualan EV sudah 30% dari total penjualan kendaraan Wuling Motors di Indonesia.

"Kita serius untuk menggarap pasar ini, Indonesia masih punya pasar yang besar untuk EV. kita harapkan dengan adanya BinguoEV ini akan menambah kontribusi, menambah market dan menamba penetrasi EV di Indonesia," ucapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: