Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PetroChina Jabung Kembali Raih PROPER Hijau 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI

PetroChina Jabung Kembali Raih PROPER Hijau 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) kembali meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) setelah sukses menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, menjalankan sistem manajemen lingkungan hidup serta konservasi sumber daya dengan baik.

Penghargaan dengan peringkat Hijau 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tersebut untuk kegiatan hulu migas di lapangan Betara Area (gas). 

Vice President Technical and Business Development Yu Jinbao menerima penghargaan PROPER kategori Hijau yang diserahkan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong dalam acara Anugerah PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/12) yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin. 

KH Ma'ruf Amin berharap penganugerahan PROPER mampu merubah paradigma bahwa tanggung jawab sosial perusahaan bukan sekedar berbagi bantuan, tapi kegiatan berorientasi pemberdayaan dan kemandirian masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada semuanya. Semoga rayaan ini menjadi contoh nyata yang menginspirasi dan mendorong kinerja perusahaan-perusahaan lainnya,” ujar Ma'ruf Amin.

Wakil Menteri LHK Alue Dohong mewakili Menteri LHK juga memberikan ucapan selamat kepada perusahaan yang telah secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

"Anugerah lingkungan PROPER merupakan penghargaan atas kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan, eko inovasi, inovasi sosial dan kepemimpinan lingkungan green leadership perusahaan," kata Alue Dohong.

Baca Juga: PetroChina Jabung Raih Juara 1 Anugerah Tata Bandha Energi Tahun 2023 dari Kementerian ESDM RI

Menurut Alue, selama 10 tahun terakhir peserta PROPER meningkat 10% dan pada pada tahun ini dilakukan evaluasi dan pembinaan terhadap 3.694 perusahaan.

Upaya perbaikan kinerja pengelolaan lingkungan ini ternyata juga berdampak positif terhadap masyarakat. Pada tahun 2023 tercatat Rp1,56 triliun telah bergulir di masyarakat untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

PetroChina International Jabung Ltd BGP (gas) mendapatkan penghargaan anugerah PROPER Kategori Hijau, dan PetroChina International Jabung Ltd NGF (oil) turut mendapatkan anugerah PROPER Kategori Biru.

"Selain meraih PROPER Hijau untuk operasi PetroChina di Betara Area (gas), kami juga mendapatkan PROPER Biru untuk operasi Blok Jabung di Geragai Area (minyak)," kata Yu Jinbao.

Baca Juga: Pasok SF ke Wilayah Kerja Jabung, PPN dan PetroChina Dukung Penggunaan Produk dalam Negeri

Dia menambahkan, kedua penghargaan PROPER tersebut merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Indonesia terhadap upaya-upaya PetroChina dalam mewujudkan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan serta partisipasi aktif dari masyarakat lokal melalui program-program pengembangan sosial. 

Seperti diketahui, PROPER merupakan program penilaian dari KLHK kepada perusahaan, yang menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, dalam produksi barang dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, penggunaan energi secara efisien, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis beretika dan bertanggung jawab.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: