Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PIS Beli 15 Tanker Baru dari Hyundai Mipo Dockyard

PIS Beli 15 Tanker Baru dari Hyundai Mipo Dockyard Kredit Foto: PIS
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina International Shipping menandatangani kerja sama pembangunan 15 kapal tanker medium range (MR) dengan Hyundai Mipo Dockyard. 

Pembangunan dan penambahan armada ini ditujukan untuk memperkuat keandalan distribusi energi dan pemenuhan kebutuhan pasar yang terus meningkat. 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, pembelian 15 kapal baru ini menjadi milestone pertama Pertamina untuk membuka tahun 2024. 

"Pertamina melalui PIS berkomitmen untuk mendukung ketahanan energi nasional dengan menjamin suplai energi secara nasional. Perkapalan dan marine industri menjadi bisnis penting di Negara Kepulauan seperti Indonesia, sehingga bisnis ini menarik untuk dikembangkan,” ujar Nicke dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (18/1/2024). 

Sementara itu, CEO PIS Yoki Firnandi mengatakan, pengadaan kapal tanker ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang PIS untuk mendukung ketahanan energi nasional maupun ekspansi internasional. 

Di mana dari 15 kapal tanker tersebut, sebanyak 10 unit akan dioptimalkan untuk pemenuhan market internasional melalui anak usaha PIS, yakni PIS Asia Pacific. 

Baca Juga: PIS Tambah Dua Tanker Gas -Ammonia Ramah Lingkungan

“Peremajaan armada merupakan langkah penting untuk memperkuat keandalan dalam memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat,” ujar Yoki. 

Adapun penambahan armada ini berkisar total lebih dari US$ 700 juta, dengan proses pengerjaan diselesaikan secara bertahap hingga tahun 2026. 

Rinciannya adalah 5 tanker masing masing berkapasitas 50 ribu ton untuk pengangkutan produk BBM, 5 tanker untuk pengangkutan minyak mentah, dan 5 tanker untuk pengangkutan produk petrokimia.

Yoki menyebut, Peremajaan kapal ini sejalan dengan regulasi internasional yang diatur oleh IMO (International Maritime Organization) terkait dengan standar keamanan dan keselamatan, di mana kapal tanker harus berkontruksi double hull atau berplat ganda. Sehingga jika terjadi risiko benturan pada kapal, kapal memiliki keamanan berlapis. 

Baca Juga: Sambut 2024, PIS Siap Tambah Tanker Perkuat Ketahanan Energi Nasional

“Ini sebagai upaya pengembangan bisnis dan menangkap peluang baru di pasar. Beberapa kapal sejenis yang ditempatkan di Singapore telah berhasil terutilisasi untuk pasar pihak ketiga internasional,” ucapnya. 

PIS memilih Hyundai Mipo Dockyard yang merupakan bagian dari HD Hyundai Group melalui beberapa aspek penilaian dan parameter, di antaranya adalah kemampuan shipyard untuk memenuhi kebutuhan market standar internasional. 

“PIS memilih shipbuilding partner melalui prosedur procurement yang berlaku di perusahaan. Pada dasarnya, PIS terbuka bagi shipyard manapun untuk menjadi mitra dalam pembangunan kapal. Tentu ada persyaratan-persyaratan yang mutlak harus dapat dipenuhi oleh shipyard, termasuk di antaranya persyaratan teknis, kapasitas shipyard, kompetensi, dan kemampuan finansial," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: