Kebut Digitalisasi, Telkomsel Hadirkan Roadshow Digital Creative Entrepreneurs di Balikpapan
Guna mendorong akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia, Telkomsel kembali menggelar program roadshow Digital Creative Entrepreneurs (DCE) di Hobbies Coffee & Lounge Balikpapan pada Rabu (7/2/2024).
Pelaksanaan tahun ketiga program DCE mengusung tema "Upgrade to Accelerate", menunjukkan fokus Telkomsel terhadap peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital UKM yang dapat memaksimalkan potensi ekonomi digital Indonesia.
Baca Juga: Genjot Literasi Digital, Telkomsel Gelar Internet BAIK Series 8
Sebagai Small Medium Enterprise (SME) impact accelerator, program DCE merupakan upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).
Roadshow DCE melibatkan pelaku UKM di Balikpapan dengan menghadirkan pembicara VP Area Account Management Telkomsel Samuel Pasaribu, GM Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry P. Santoso, Manager CSR Education and Public Community Development Telkomsel Hadi Sucipto, Founder dan CEO Maha Mera Group Dio Ramadan, serta 3rd DCE Head Mentor sekaligus Founder Amugdala Bamboo Harry A. Mawardi yang berbagi insight dan pengalaman.
General Manager Region Network Operations and Productivity Kalimantan Telkomsel Fredy Hilton Tambunan mengatakan berdasarkan data Kementerian Keuangan pada laporan kinerja dan realisasi APBN tahun 2023 mencatat realisasi pendapatan negara menyentuh angka 2.774,3 triliun rupiah artinya tercapai 110% dari target.
Sementara data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tahun 2021 menunjukkan jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64.2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60.5% serta lebih dari 62 juta UKM dengan potensi digital. Hal ini menunjukkan peran UMKM turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang terus positif di Indonesia.
Lebih lanjut Fredy menyampaikan, mengutip studi BCG dan Telkom Indonesia pada 2022, 77% UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67.5% di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif.
Baca Juga: Optimalkan Layanan, Telkomsel Dukung Kelancaran Haul Guru Sekumpul ke-19
Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Andi Aliev
Editor: Aldi Ginastiar
Advertisement