Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantap! Kemendag Fasilitasi Ekspor Perdana Produk UKM Surabaya ke Pasar Internasional

Mantap! Kemendag Fasilitasi Ekspor Perdana Produk UKM Surabaya ke Pasar Internasional Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Export Center Surabaya berhasil memfasilitasi dua pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar internasional, khususnya nontradiosional. Pelaku UKM itu adalah CV Wahana Surya dan PT Daya Matahari Utama

Kedua UKM tersebut berhasil melakukan ekspor perdana dengan nilai total USD2,14 juta. CV Wahana Surya sendiri melakukan ekspor produk dekorasi rumah dan perabotan rumah tangga plastik senilai USD 2 juta ke Tahiti dan Qatar.

Baca Juga: Gaet Smartfren, AXA Insurance Dukung Perlindungan dan Pertumbuhan Berkelanjutan untuk UMKM

Sementara PT Daya Matahari Utama memulai penetrasi pasar internasionalnya dengan produk gurita ke Korea Selatan senilai USD57,7 ribu diikuti pengiriman lobster, tuna, dan makarel ke Malaysia senilai USD 79,8 ribu.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Didi Sumedi mengungkapkan, kesuksesan ekspor ini mencerminkan efektivitas strategi diversifikasi pasar yang telah lama dicanangkan Pemerintah Indonesia, khususnya dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang di pasar prospektif nontradisional.

Selain itu, dukungan kuat dan fasilitasi yang diberikan Export Center Surabaya menjadi faktor penting dalam membuka jalan bagi kedua perusahaan ini untuk mencapai pasar global. “Saya mengapresiasi upaya keras kedua UKM tersebut dalam menggarap pasar ekspor baru. Walaupun dihadapkan pada tantangan logistik yang signifikan, terutama jarak antara Indonesia dan negara tujuan ekspor, namun keunikan produk dari tanah air kita menjadi daya tarik tersendiri yang membedakan dari negara lain,” kata Didi. 

Baca Juga: Bisa Tunjang Ekonomi Nasional, Ini Upaya Kemendag Kembangkan Pasar Ekspor

Pelepasan ekspor, lanjut Didi, tidak hanya menandakan kesuksesan individual pelaku UKM yang terlibat, tetapi juga menegaskan keberhasilan strategi nasional dalam meningkatkan diversifikasi pasar ekspor.

“Dengan terus membangun momentum ini, diharapkan akan ada lebih banyak UKM Indonesia yang mampu memanfaatkan peluang ekspor, membawa produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi ke pasar global, serta memberi kontribusis ecara signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Didi.

Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Arief Wibisono menyebut bahwa pencapaian tersebut membuktikan komitmen Export Center Surabaya untuk secara proaktif mendukung eksportir Jawa Timur dalam memperluas jangkauan pasar mereka. “Ini adalah langkah konkret kami dalam mendorong peningkatan ekspor nasional dan menunjukkan potensi besar dari produk-produk lokal kita."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: