Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fasilitasi Masyarakat Berbagi di Bulan Penuh Berkah, TikTok Luncurkan ‘Stiker Donasi’

Fasilitasi Masyarakat Berbagi di Bulan Penuh Berkah, TikTok Luncurkan ‘Stiker Donasi’ Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Merayakan bulan Ramadan yang membawa semangat berbagi, TikTok menggalakkan kampanye #SerunyaBerbagi yang berlangsung mulai 9 Maret hingga 15 April 2024 mendatang. Berbagai program telah dirancang untuk menemani masyarakat selama Ramadan tahun ini.

Tak ketinggalan, TikTok juga menyiapkan challenge Tunjangan Hari Raya (THR) yang dapat diikuti semua pengguna untuk memperebutkan hadiah dengan total Rp15 juta.

Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, menerangkan bahwa kampanye #SerunyaBerbagi dirancang untuk menampung kreativitas masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan.

Menurutnya, TikTok menjadi sarana berbagi kebahagiaan oleh pengguna, seperti berbagi resep berbuka puasa, tips memilih baju Lebaran, tempat menarik untuk ngabuburit, hingga momen silaturahmi bersama keluarga.

“Semangat masyarakat menginspirasi kami untuk kembali menghadirkan berbagai aktivitas dan fitur seru pada Ramadan tahun ini melalui kampanye #SerunyaBerbagi. Kami harap semangat berbagi kebaikan ini tidak hanya dapat disalurkan lewat konten video singkat, tapi juga lewat aksi nyata, seperti yang kini bisa dilakukan melalui fitur 'Stiker Donasi' baru di dalam aplikasi," jelas Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Anggini Setiawan selaku Head of Communication TikTok Indonesia menambahkan, setidaknya ada 4 program besar yang dirancang dalam kampanye #SerunyaBerbagi. Pertama adalah munculnya ‘Stiker Donasi’ yang baru ditambahkan pada tahun ini. Stiker ini dapat disematkan dalam konten yang berbentuk short video maupun LIVE.

Baca Juga: Penjualan UMKM bakal Melonjak Berkat Bersatunya Tokopedia dan Tiktok

“Dalam ‘Stiker Donasi’, pengguna TikTok dapat memilih NGO atau lembaga sosial yang bekerja sama dengan kami. Ada lima NGO yang kami pilih, yakni Yayasan Benih Baik Indonesia, YCAB Foundation, Edufarmers, Platform Usaha Sosial (PLUS), dan Foodbank of Indonesia (FOI). Sementara itu, donasi yang terkumpul akan dikelola dan disalurkan oleh mitra penyaluran amal global, Percent,” jelas Anggi di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Program kedua, terangnya, adalah menyelesaikan misi di LIVE untuk ikut berbagi. Dalam fitur TikTok LIVE, pengguna akan diajak menyelesaikan misi seperti mengirim komen di LIVE room #SerunyaBerbagi atau mengirim hadiah virtual ke host/kreator favorit untuk mendapatkan poin yang dapat dikonversikan menjadi donasi.

“Khusus di TikTok LIVE, setiap pekannya sudah ada target mengumpulkan donasi sebesar USD5.000 yang akan disalurkan ke PLUS dan YCAB. Program ini berlangsung selama 4 pekan dengan hasil donasi pada pekan pertama dan ketiga dikirim ke PLUS, serta hasil donasi pekan kedua dan keempat dikirim ke YCAB,” jelas Anggi.

Pada pekan pertama, terangnya, TikTok LIVE mampu mencapai target donasi sebesar USD5.000 dan telah disumbangkan ke PLUS. Sementara, pada pekan kedua tercapai donasi sebesar USD4.000 dan sudah disumbangkan ke YCAB. Pekan ini merupakan pekan ketiga program donasi TikTok LIVE dan diharapkan dapat kembali mencapai target seperti yang telah dicapai pada pekan pertama.

Baca Juga: Kisah 4 Kreator Perempuan di TikTok yang Menginspirasi Banyak Orang

Selanjutnya, TikTok menyiapkan challenge #SerunyaBerbagi dengan hadiah THR total Rp15 juta bagi 3 orang pemenang. Untuk mengikuti challenge ini, pengguna diwajibkan membuat setidaknya dua (2) video kreatif berdurasi 60 detik atau menggunakan fitur photo-mode sesuai kategori yang dipilih, kemudian mengunggahnya ke TikTok dengan menyertakan tagar #SerunyaBerbagi. Periode challenge berlangsung mulai dari 9 Maret hingga 15 April 2024.

Program terakhir adalah TikTokTainment Hub yang berisi beragam konten untuk mengisi waktu ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa. Pengguna dapat melihat berbagai rekomendasi film, serial, serta tontonan seru lainnya dari berbagai genre untuk menjadi referensi tontonan bersama keluarga. Selain itu, melalui TikTokTainment Hub, pengguna juga dapat menemukan tren musik yang sedang trending serta video-video lucu yang dapat dinikmati bersama teman dan keluarga.

Sejumlah kreator juga membuat konten yang dapat dinikmati pengguna TikTok selama waktu ngabuburit. Misalnya, @tiranissya meluncurkan inisiatif #NungguBedugBikinKarya yang berisi video tutorial kreatif membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Selain Tira, dr. Pras lewat akun @this.is.pras juga rutin membagikan tips kesehatan selama bulan Ramadan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: