Kolaborasi TikTok Shop dan Tokopedia Membuka Peluang Bagi UMKM dan Kemajuan Industri Digital
Kolaborasi yang dibangun antara TikTok Shop dan Tokopedia dinilai akan membawa tren belanja baru di Indonesia. Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menilai, tuntasnya integrasi antar kedua platform digital tersebut juga akan membuka peluang baru bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
"Integrasi TikTok Shop dan Tokopedia kami lihat membawa tren belanja baru. Integrasi tersebut memungkinkan pengalaman berbelanja yang lebih dinamis dan interaktif, menggabungkan video pendek TikTok dengan platform e-commerce Tokopedia serta membuka peluang baru bagi UMKM," ujar Ketua Umum idEA Bima Laga dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (25/4).
Baca Juga: Penjualan UMKM bakal Melonjak Berkat Bersatunya Tokopedia dan Tiktok
Menurut Bima, kolaborasi antar platform digital seperti TikTok Shop dan Tokopedia memberikan banyak manfaat bagi perkembangan UMKM di Indonesia. Pertama, meningkatkan visibilitas. UMKM bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan meningkatkan visibilitas produk mereka melalui platform digital yang populer.
Kedua, mempermudah pemasaran. Platform digital menyediakan berbagai tools dan filter untuk membantu UMKM memasarkan produk mereka secara efektif, seperti iklan, media sosial, dan influencer marketing.
Ketiga, mendukung peningkatan keterampilan. Platform digital sering menyediakan pelatihan dan edukasi bagi UMKM untuk meningkatkan keterampilan digital mereka dan mengembangkan bisnis mereka.
"Dengan strategi yang tepat, kolaborasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, termasuk UMKM, konsumen, dan platform digital itu sendiri," ujar Bima.
Baca Juga: Temui Zulkifli Hasan, Tokopedia Lapor Progres Integrasi dengan TikTok dan Telah Kantongi TDPSE
Lebih jauh, Bima mengatakan, kolaborasi antar platform digital sangat penting untuk mendukung kemajuan industri digital dan ekonomi Indonesia. Hal tersebut mampu mendorong dua hal. Pertama, memperluas jangkauan pasar. Kolaborasi memungkinkan platform digital untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan pelanggan, membuka peluang baru bagi bisnis, dan meningkatkan akses produk bagi masyarakat.
Kedua, memperkuat ekonomi digital. Kolaborasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan meningkatkan transaksi online, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan inklusi keuangan.
"Pemain di industri digital sebaiknya menyikapi positif kolaborasi yang dilakukan oleh TikTok Shop dan Tokopedia. Sebab, kolaborasi tersebut bisa menjadi salah satu pendekatan untuk bisa fokus terhadap inovasi dan meningkatkan keahlian digital guna meningkatkan online shopping expereience ke depannya," kata Bima.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Advertisement