PT Avia Avian Tbk (AVIA) baru saja mengumumkan kinerja keuangan kwartal pertama 2024. Total penjualan konsolidasi meningkat 6,9% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, mencapai Rp1,9 trilliun. Di periode yang sama, laba kotor konsolidasi berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 9,8% mencapai Rp886 Milyar dengan tingkat marjin laba kotor sebesar 46,5%.
Kinerja bottom-line juga menunjukan pertumbuhan yang positif dimana EBITDA dan laba bersih masing-masing bertumbuh sebesar 6,9% dan 7,0% secara year-on-year. Selain itu, marjin EBITDA berhasil tercatat sebesar 29,1%, dan marjin laba bersih sebesar 23,4%.
Kinerja keuangan yang positif ini tentunya tidak terlepas dari berbagai kombinasi strategi yang terintegrasi, mulai dari inovasi produk baru, perluasan pusat distribusi, beragam inisiatif pemasaran, sampai dengan kemampuan integrasi vertikal.
Selama periode kwartal pertama 2024, AVIA telah meluncurkan sebanyak 5 produk baru, termasuk Avian Cling water-based di segmen cat kayu & besi, No Drop Dempul Instan, No Drop Serat Fiber, dan No Drop Tile Grout di segmen cat pelapis anti bocor, serta Boyo Politur Spray di segmen perawatan kayu.
Baca Juga: Gencar Inovasi Produk, Emiten Cat Avian (AVIA) Raih Penghargaan Tingkat Internasional
No Drop Dempul Instan merupakan produk penambal lubang dinding yang bersifat elastis dan anti air dan dapat diaplikasikan dengan cara yang mudah dan cepat. Produk ini dihadirkan untuk menjawab masalah konsumen terkait banyaknya lubang di tembok sekaligus memberikan tambahan perlindungan terhadap serangga, retak, dan celah pada tembok rumah.
Di sisi lain, No Drop Serat Fiber digunakan sebagai penguat untuk menutup retakan, sudutan dak beton atau area yang bocor. Produk terbaru dari Avian Brands ini mampu memberikan lapisan kedap air yang fleksibel, tahan lama, serta memiliki daya rekat yang baik sehingga memastikan perlindungan kedap air yang sempurna.
Perseroan secara strategis berfokus pada integrasi vertikal dan telah memulai pembuatan resin sebagai salah satu bahan baku utama cat sejak tahun 1986. Tidak hanya itu, di tahun 1992 perseroan juga telah berinvestasi di pabrik kaleng logam untuk mengatasi kekurangan persediaan dari pemasok. Berbagai bahan baku lainnya juga mampu diproduksi sendiri, mulai dari zat aditif cat sampai dengan pewarna.
Dari sisi distribusi, AVIA merupakan satu-satunya perusahaan cat dengan jaringan distribusi yang terluas di Indonesia. Sampai dengan akhir kwartal pertama tahun ini, AVIA telah memiliki sebanyak 136 pusat ditribusi yang dimiliki sendiri dan 40 pusat distribusi pihak ketiga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Baca Juga: Gelar Aksi Tanam Pohon, Avia Avian Dukung Pencapaian Target Penyerapan Karbon
Dengan memiliki pusat distribusi berskala nasional, AVIA senantiasa memberikan kualitas pelayanan yang unggul kepada seluruh pelanggannya, salah satunya dalam bentuk pengiriman ekspres, yakni pengiriman barang dalam waktu 2 jam setelah pemesanan. Perseroan akan melanjutkan ekspansi layanan pengiriman ekspres ini ke sebagian besar pusat distribusi yang dimiliki di berbagai wilayah Indonesia.
Didukung dengan jaringan distribusi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, AVIA terus menambah jumlah pelanggannya dan memperkuat penetrasi produk perseroan di pasar nasional.
Berbagai bentuk pelayanan istimewa juga telah terbukti dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan serta mendorong mereka untuk lebih banyak menawarkan produk Avian Brands. Sampai dengan saat ini, AVIA telah melayani sebanyak lebih dari 56 ribu toko bahan bangunan di seluruh wilayah Indonesia.
Ditopang dengan fondasi operasional dan manufaktur yang solid serta jaringan distribusi yang luas, AVIA terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar cat dekoratif di Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement