Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) resmi menghadirkan pengembangan kapasitas pelaku usaha kreatif dari Indonesia. Hal ini ditandai dengan mulainya rangkaian dari Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024.
Nantinya Fase Bootcamp ini akan digelar selama 3 hari,di tiap 12 kota / kabupaten (Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar dan Merauke). Fase Bootcamp berlangsung dari tanggal 23 April hingga akhir Mei 2024. Dari 6680 ribu pendaftar yang sudah masuk di Fase Pendaftaran untuk 7 Subsektor (Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik dan Film) hanya 410 Jenama yang lolos tahapan Kurasi yang akan ikut Fase Bootcamp.
Baca Juga: Naik atau Turun, Prediksi Standard Chartered soal Jalan Ekonomi Indonesia
Dalam gelaran ini, peserta akan mendapat materi, diantaranya pada hari pertama ;Hak Kekayaan Intelektual, Pitching & Presentasi, dan Pengelolaan Keuangan. Lalu pada hari kedua akan disampaikan materi-materi; Produk Review & Branding, Marketplace & Promosi Digital, Design Thinking & Business Model, Legalitas & Standarisasi Usaha. Sebagai penutup di hari terakhir peserta akan mendapatkan materi Sosialisasi E-KATALOG dan Coaching Clinic & Mentoring.
CEO Kasisolusi, Deryansha mengatakan program ini akan membantu pelaku usaha kreatif skala kecil untuk berkembang dan membantu ekonomi dari Indonesia. Ilmu yang diberikan akan datang dari sejumlah mentor/pengusaha terkemuka.
“Ilmu-ilmu marketing, branding, selling saya akan buka semua di Bootcamp, karena seperti yang diminta oleh Pak Sandiaga Uno, ekonomi kreatif ini bergerak pesat," ungkapnya dilansir Selasa (30/4).
Para mentor yang terlibat dalam Fase Bootcamp AKI 2024 adalah para profesional dan praktisi di bidang ekonomi kreatif. Beberapa nama diantaranya seperti; Deryansha (CEO Kasisolusi), Wignyo Rahadi SE (Founder dan CEO Tenun Gaya), Fauzy Prasetya Kamal (Co-Founder Kandura Studio), Franke Soeria (Dewan Mode Muslim, Founder Benang Project), Hari Sungkari (Pakar Bidang Aplikasi dan Gim), Nilam Sari (Owner Kebab Baba Rafi), Freddy Chriswantra (Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Indusgri Indonesia), Andandika Surasetje (Direktur Kreatif Jakarta Fashion Week), Rachmant Anggara (Co Founder Qasir.id), Suci Sandi (Dosen, Peneliti, Trainer Manajemen, Pariwisata dan Hospitality) dan Iman Setiobudy (Anggota Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia).
Adapun Bekasi dan Serang menjadi 2 kota pertama yang menggelar Fase Bootcamp AKI 2024, yang berlangsung pada tanggal 23 April hingga 25 April 2024. Dari Kota Bekasi dan Serang sama-sama ada 38 Jenama / Brandyang lolos mengikuti Fase Bootcamp. Beberapa diantaranya adaBeema Honey (kuliner), Nu’kieu (kriya), Lace Dream (kriya), Tracco (aplikasi), Muslim Raya (gim), Khana Sultan (musik), dan Ngobong (film).
Baca Juga: Inkowapi Dukung Ekonomi Sehat Melalui Program Makan Siang dan Susu Gratis
Setelah mengikuti Bootcamp, tahapan berikutnya bagi para peserta adalah mengikuti pameran yang akan berlangsung di masing-masing Kota dan kabupaten di bulan Mei – Agustus 2024. Kemudian ditutup dengan tahapan akhir dar rangkaian kegiatan AKI 2024, dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta pada bulan September 2024.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait:
Advertisement