Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Pendidikan Microelektronik, Airlangga: Kita Harus Ambil Pasar Semikonduktor

Dorong Pendidikan Microelektronik, Airlangga: Kita Harus Ambil Pasar Semikonduktor Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menilai, pendidikan mikroelektronik mesti didorong agar produk semikonduktor Indonesia masuk dalam pasar dunia.

"Semikonduktor itu soal chip design, itu mikroelektronik. Pendidikan mikroelektronik di kita harus kuat agar kita mengambil semikonduktor. Ke depan, SDM menuju Indonesia Emas penting kita lakukan," kata Airlangga di Sekolah Kolese Kanisius, Jakarta, Sabtu (11/5/2024).

Baca Juga: Airlangga: Ekonomi Indonesia Mesti Tumbuh 7%

Untuk mencapai hal tersebut, Airlangga menilai pendidikan vokasi mesti ditingkatkan agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia memiliki kompetensi di sektor semikonduktor.

"Kalau kita manfaatkan SDM vokasi untuk chip production, kita butuh orang-orang yang betul-betul teknikal dan itu dihasilkan oleh vokasi-vokasi," ujar Airlangga.

Sejalan dengan hal tersebut, Airlangga menyebut pemerintah juga mendorong pendidikan vokasi dengan peraturan super deductioj tax yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 45 Tahun 2019.

Meski begitu, Airlangga tak menampik kekhawatiran sejumlah korporasi terkait audit. Karenanya, dia berharap Kementerian Keuangan juga bisa mempermudah prosesnya.

"Oleh Menkeu juga prosesnya dipermudah dan diharapkan mulai bisa dimanfaatkan," jelasnya. 

Sementara untuk mendorong SDM, Airlangga juga mendorong pendidikan luar negeri melalui program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca Juga: Tinjau Harga Pangan, Jokowi: Saya Kira Harganya Baik

"Pembiayaan SDM ke luar negeri kita ada LPDP tapi kita minta LPDP itu nanti akan diberikan pembelajaran khusus yang diprioritas khususnya untuk digital dan microelektronik," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: