Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinergi Lintas Lembaga Percepat Capaian Universal Health Coverage di Indonesia

Sinergi Lintas Lembaga Percepat Capaian Universal Health Coverage di Indonesia Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah tantangan kesehatan global yang semakin kompleks, sinergi lintas lembaga menjadi kunci utama dalam upaya memberikan akses terhadap sistem layanan kesehatan di Indonesia. Hal ini ditekankan oleh Direktur Kantor Kesehatan USAID Indonesia, Enilda Martin, yang menggarisbawahi pentingnya kolaborasi dalam memastikan seluruh masyarakat memperoleh layanan kesehatan yang berkualitas.

Menurut Enilda, sinergi yang dibangun tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan akses kesehatan masyarakat, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam mempercepat capaian Universal Health Coverage (UHC). 

"Sinergi ini merupakan langkah awal perjalanan bersama yang dilakukan. Kami terus berpegang teguh pada komitmen untuk mencapai capaian UHC dan memberikan akses layanan yang luas. Dengan adanya kolaborasi dan inovasi yang dihadirkan atas kebutuhan masaralat yang berkembang, mari kita bangun Indonesia lebih sehat dengan akses layanan kesehatan yang mudah," jelas Enilda.

Salah satu bentuk sinergi yang terjadi adalah kolaborasi antara Lazismu (Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah) dengan BPJS Kesehatan melalui program USAID Catalyze. 

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat, Ahmad Imam Mujadid Rais, menjelaskan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah akses kesehatan yang dihadapi oleh anggota Muhammadiyah di sektor pendidikan.

Baca Juga: Peserta JKN Merasakan Pentingnya Perlindungan Kesehatan di Lingkungan Tambang

Rais menilai bahwa jaminan kesehatan yang berkesinambungan bagi anggota Muhammadiyah sangatlah penting, mengingat tugas dan tanggung jawab mereka yang membutuhkan perhatian serius. Dengan demikian, ia menegaskan perlunya gerakan bersama untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Kolaborasi lintas lembaga seperti ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi upaya-upaya serupa di berbagai sektor, guna memastikan bahwa akses kesehatan tidak lagi menjadi hal yang sulit dijangkau oleh masyarakat luas. Dengan kerjasama yang kuat dan komitmen yang kokoh, Indonesia diharapkan dapat menuju arah yang lebih baik dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan kesehatan bagi semua warganya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: