Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Melalui Digitalisasi UMKM, Jadilah Kreatif dalam Memanfaatkan Media Sosial

Melalui Digitalisasi UMKM, Jadilah Kreatif dalam Memanfaatkan Media Sosial Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu alat utama dalam digitalisasi adalah media sosial yang memungkinkan UMKM untuk terhubung dengan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan mempromosikan produk atau layanan mereka. 

“Media sosial adalah platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya, seperti melakukan komunikasi atau interaksi sehingga dapat memberikan informasi,” ucap Meutya Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI dalam paparannya pada weninar Forum Literasi Digital, Kamis, 25 April 2024.

“Media sosial kita pilih untuk membantu UMKM, karena menjadi kekuatan bagi UMKM untuk menciptakan kreasi dan interaksi berupa konten digital yang dapat memperkuat bisnisnya,” sambungnya.

Meutya Hafid juga mengatakan bahwa pemanfaatan media sosial oleh UMKM dapat membantu dalam mengembangkan bisnis mereka, meningkatkan brand awareness, serta menjangkau konsumen secara lebih luas.

“Namun, untuk dapat sukses dalam memanfaatkan media sosial, kreativitas dalam strategi pemasaran sangatlah penting," ucapnya.

“Dengan begitu, UMKM dapat membedakan diri mereka dari pesaing dan menarik perhatian konsumen dengan cara yang unik dan menarik," tambahnya.

Menyetujui pendapat Meutya Hafid, Syukron Jamal selaku Founder Monitor.co.id dan Ide Komunikasi, juga mengatakan bahwa perempuan perlu meningkatkan kualitas dan keterampilan mereka.

“Penggunaan media sosial pada sektor UMKM memberikan manfaat diantaranya sebagai sarana kontak personal dengan konsumen, bermanfaat sebagai sarana promosi/advertising, mendata kebutuhan konsumen, menyampaikan respon ke konsumen sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis," ucapnya.

Baca Juga: Berdayakan UMKM, Bank DKI Fasilitasi Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor

“Selain kreativitas, inovasi adalah landasan penting agar UMKM dapat tetap kompetitif dan bertahan di lingkungan bisnis yang sangat dinamis,” tambahnya

“Terakhir, kita para perempuan perlu memiliki kesadaran akan potensi dan kontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dengan meningkatkan kesadaran akan potensi dan kontribusi mereka, perempuan dapat lebih termotivasi untuk berkontribusi secara aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia," sambungnya.

Owner Peyekkriuk.id by Dapoer Nya’e, Farichatus Sholichah juga menambahkan bahwa Salah satu cara untuk menjadi kreatif dalam memanfaatkan media sosial adalah dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas.

“Dengan menjadi kreatif dalam memanfaatkan media sosial, UMKM dapat menciptakan kehadiran yang kuat dalam dunia online bahkan dalam kehidupan nyata, dapat  membangun merek yang solid, dan mencapai kesuksesan dalam ekonomi digital yang semakin berkembang," ucapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: