Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sukses Program AKI 2024: 410 Pelaku Usaha Kreatif Dapat Pelatihan Bisnis di 12 Kota

Sukses Program AKI 2024: 410 Pelaku Usaha Kreatif Dapat Pelatihan Bisnis di 12 Kota Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Program Akselerator Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 telah sukses diadakan di 12 kota, memberikan pelatihan bisnis kepada 410 pelaku usaha kreatif. Melalui program ini, peserta mendapatkan ilmu bisnis dari mentor profesional, memperkuat jaringan, dan mendapatkan manfaat lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan bahwa AKI adalah program tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan membantu pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk masuk ke ekosistem bisnis, membangun jejaring, dan database.

Baca Juga: Dinilai Meresahkan dan Restriktif, Industri Periklanan dan Kreatif Minta Dilibatkan dalam Perumusan Aturan Tembakau di RPP Kesehatan

"AKI siap menjadi wadah bagi pelaku ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring dan database, ajang publikasi dan promosi, serta memperluas pasar," ujar Sandiaga, dilansir Senin (3/6).

Pengalaman Peserta Bootcamp

Pemilik MINDA, Winda Oktriana merasa sangat terbantu oleh mentor Akbar Moujahid dalam memfokuskan branding produknya. Ia juga mendapatkan inspirasi dari Agus Pramono untuk lebih aktif dalam pameran.

"Sejak saya membangun MINDA 4 tahun lalu, alhamdulillah saat ini produk kami sudah tersedia di 50 swalayan di Padang dan 100 swalayan di Pekanbaru. Tahun ini, saya merencanakan masuk pasar Medan dan Batam," jelas Winda.

Sementara Pemilik NOLA SHOES, Nola Indriyani mengakui manfaat dari bimbingan mentor Tasyrif Adnan mengenai tren desain sepatu dan cara merancang booth pameran yang baik. Ia berharap dapat terus berkonsultasi dengan Tasyrif di masa depan.

Adapun Pemilik MAKABA, Maria Heristin sangat terkesan dengan materi yang dibawakan oleh Deryansha dan Nilamsari.

"Materi tentang marketing melalui sistem komunal dari coach Dery sangat sesuai dengan kebutuhan saya untuk fokus branding di segmen ibu-ibu hamil dan melahirkan," katanya.

Keuntungan Masuk Ekosistem Pembinaan Kemenparekraf

Cerita sukses para peserta AKI 2024 yang berhasil menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah menunjukkan manfaat masuk dalam ekosistem pembinaan Kemenparekraf. Laporan AKI 2023 menunjukkan bahwa 45% peserta bekerjasama dengan KemenkopUKM, 28% dengan Kemendag, dan 27,5% dengan KemenBUMN.

Para peserta Bootcamp terpilih akan ikut dalam pameran di kota dan kabupaten masing-masing pada akhir Mei hingga Agustus 2024. Program ini akan ditutup dengan Malam Puncak AKI 2024 di Jakarta pada bulan September, menampilkan 12 produk terbaik dari 12 kota/kabupaten pelaksanaan. Malam Puncak AKI 2024 akan menjadi ajang pameran skala nasional untuk produk-produk unggulan ini.

Baca Juga: Dukung Ekonomi Kreatif, Menparekraf Sandiaga Dorong Masyarakat Daftar KaTa Kreatif

Program AKI 2024 tidak hanya memberikan ilmu dan bimbingan, tetapi juga memperkuat jejaring dan membuka peluang bagi para pelaku usaha kreatif untuk berkembang lebih jauh.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Aldi Ginastiar
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: