Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKJ-PKJB 2024 Bisa Menjadi Gerbang Produk Lokal Jabar Tembus Pasar Global

KKJ-PKJB 2024 Bisa Menjadi Gerbang Produk Lokal Jabar Tembus Pasar Global Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Jabar), Noneng Komara Nengsih optimistis soal Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024. Pihaknya mengatakan ajang ini digelar guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI). 

"Khususnya dalam rangka mendorong peningkatan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kreatif di Jabar," kata Noneng pada acara Bewara Jabar (Beja) di Bandung, Sabtu sore (22/6/2024).

Baca Juga: Golkar Masih Belum Putuskan Ridwan Kamil Tarung di Jakarta atau Jabar

Sebanyak 27 Dekranasda Kab/Kota se-Jawa Barat turut meramaikan kegiatan dengan melakukan showcasing produk kreatif unggulan masing-masing wilayah. Showcasing tersebut juga akan didorong hingga mendapatkan fasilitasi promosi perdagangan go digital go export melalui business matching dengan potential buyer. 

"Setelah kegiatan showcasing di area KKJ-PKJB 2024 telah selesai, promosi hingga penjualan termasuk transaksi produk UMKM Jawa Barat tersebut juga masih tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com dan berbagai marketplace,"jelasnya 

Adapun, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Muslimin Anwar, mengatakan KKJ-PKJB 2024 juga mendukung digitalisasi yang inklusif melalui program QRIS Jelajah Indonesia.

KKJ-PKJB 2024 juga dirangkaikan dengan West Java Industrial Meeting (WJIM) sebagai wadah diseminasi Kebijakan Likuiditas Makroprudensial (KLM) dan Local Currency Transaction (LCT) bagi pelaku usaha guna menjaga stabilitas keuangan, mendorong pembiayaan perbankan, meningkatkan realisasi investasi serta menjaga stabilitas nilai tukar.

Muslimin menambahkan, gelaran ini turut menghadirkan berbagai kompetisi menarik diantaranya Kompetisi Memasak Pangan Olahan bersama Chef Lord Adi, Kompetisi Cinta Bangga Paham Rupiah Championship tingkat SMA, kompetisi fashion show pegawai perbankan  bertajuk “Ngabaraya Fashion Walk” dan kompetisi “West Java Fashion Designer Competition”. 

KKJ-PKJB 2024 juga disertai dengan berbagai interactive booth dan sesi edukasi literasi konsumen dalam mengakses layanan keuangan dan pembayaran. 

Baca Juga: Beban Anggaran Jabar, Bey Machmudin Ogah Terbitkan Obligasi Daerah

"Guna semakin menambah kemeriahan acara, masyarakat yang hadir di KKJ-PKJB 2024 akan dihibur oleh spesial performance dari artis papan atas nasional diantaranya Kahitna dan Yura Yunita," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: