Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Naik Tipis, ACC Bukukan Laba Bersih Rp505 Miliar di Kuartal I 2024

Naik Tipis, ACC Bukukan Laba Bersih Rp505 Miliar di Kuartal I 2024 Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Bandung -

Astra Credit Companies (ACC), grup perusahaan pembiayaan, mencatat kenaikan laba bersih di kuartal I tahun 2024 sebesar 1% dibandingkan dengan kuartal I di tahun 2023. Namun, pembiayaan ACC di kuartal I melemah sebesar 1% jika dibandingkan dengan kuartal 1 tahun 2023 lalu.

Demikian yang disampaikan Chief Executive Officer (CEO) ACC, Hendry Christian Wong pada acara Media Workshop Astra Financial di Bandung, Jawa Barat, akhir pekan ini.

Dia mengatakan bahwa walaupun laba bersih ACC cenderung naik di kuartal I tahun 2024, namun ACC harus menghadapi beberapa tantangan di tahun 2024 ini. Salah satunya adalah pelemahan penjualan kendaraan roda empat yang lebih dalam dibandingkan roda dua.

Baca Juga: Gairahkan Penjualan Otomotif, ACC Gelar Cibinong CARnival

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan mobil wholesales di Maret 2024 sebesar 215.069 unit. Bila dibanding periode sama tahun 2023, total penjualan mobil di kuartal pertama 2024 turun 23,77 persen. Penjualan mobil pada kuartal pertama 2023 mencapai 282.125 unit. 

“Di tahun 2024 ini memang banyak tantangan yang harus dihadapi ACC salah satunya adalah pasar mobil yang cenderung melemah. Namun ACC sudah mempersiapkan beberapa strategi untuk dapat tetap meraih target di tahun 2024 ini," ujar Hendry.

Dia menjelaskan, ACC membiayai mobil baru dan mobil bekas semua merek yang masih mendominasi pembiayaan. Selain itu ACC juga memiliki produk pembiayaan Fasilitas Dana, pembiayaan ACC Syariah serta pembiayaan alat berat.

ACC juga membiayai mobil Hybrid Electric Vehicle(HEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV). Untuk memberikan kemudahan untuk pelanggan, ACC juga memiliki Layanan digital lewat ACCONE untuk reservasi perpanjangan BPKB, Perpanjangan STNK, Klaim Asuransi dan layanan Booking Service.

"Kinerja ACC di kuartal I 2024, Alhamdulillah kita masih salurkan pembiayaan Rp10,5 triliun jadi masih bisa bertahan flat tidak alami penurunan, Profit di Rp505 miliar kita bertahan nggak turun di tengah penurunan industri," pungkasnya.

Baca Juga: ACC Bagikan Tips Manfaatkan Perusahaan Pembiayaan, Dijamin Aman dan Nyaman

Lebih lanjut, Hendry memaparkan, untuk meningkatkan pembiayaan di tahun 2024, ACC akan memberikan pelayanan dan paket-paket pembiayaan yang menarik bersinergi dengan ekosistem otomotif. ACC juga akan berpartisipasi aktif pada gelaran pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) bersama dengan Astra Financial.

"ACC juga akan terus mengembangkan pembiayaan Syariah dan Fasilitas Dana untuk menopang kinerja di tahun 2024 ini," kata Hendry menutup pembicaraan.

Untuk diketahui, Hendry C. Wong saat ini sedang menjalani fit & proper test yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses ini merupakan bagian dari prosedur regulasi untuk memastikan bahwa seluruh anggota manajemen kami memenuhi standar kelayakan dan kepatutan yang ditetapkan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: