Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Update Terbaru Gangguan Pusat Data Nasional, Ini Perkembangan Pemulihan oleh Kominfo

Update Terbaru Gangguan Pusat Data Nasional, Ini Perkembangan Pemulihan oleh Kominfo Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan perkembangan terbaru terkait gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Gangguan ini sebelumnya menyebabkan kekacauan pada berbagai layanan, termasuk layanan keimigrasian. 

Berikut adalah rincian pemulihan yang sedang berlangsung:

Pemulihan Layanan Keimigrasian

Direktorat Jenderal Imigrasi terus melakukan upaya pemulihan layanan keimigrasian.

Saat ini, sistem autogate dan counter petugas imigrasi telah berangsur pulih dan kembali berfungsi, baik di pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan di seluruh bandara dan pelabuhan.

Pemulihan Sistem Layanan Lainnya

Upaya pemulihan dan mitigasi terus dilakukan untuk mencegah dampak yang lebih luas. Penanganan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas untuk mempertahankan layanan publik yang optimal. Saat ini, sistem-sistem layanan lain masih dalam proses pemulihan.

Kementerian Kominfo kembali menyampaikan permohonan maaf atas penurunan kualitas layanan yang terjadi akibat gangguan ini. Kami memahami bahwa gangguan tersebut telah menyebabkan ketidaknyamanan bagi masyarakat.

Upaya Kolaboratif dalam Pemulihan

Pemulihan dilakukan bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), berbagai kementerian dan lembaga terkait, PT Telkom, dan mitra penyelenggara lainnya.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan dan memastikan keamanan serta kelancaran layanan ke depan.

Kementerian Kominfo terus berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah strategis dan cepat demi kepentingan masyarakat luas. Kominfo menyatakan bahwa sangat menghargai kesabaran dan pengertian masyarakat dalam menghadapi situasi ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: