Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Derasnya Laju Ekspansi Korea di Indonesia, Kota Mandiri Ini Makin Digemari Investor Korea

Derasnya Laju Ekspansi Korea di Indonesia, Kota Mandiri Ini Makin Digemari Investor Korea Kredit Foto: KIJA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tren Korea telah menjadi fenomena yang sangat kuat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia sejak 10 tahun terakhir. Pengaruh budaya Korea telah merambah ke berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari musik dan drama hingga fashion dan kuliner.

Kian maraknya tren Korea di Indonesia juga merambah ke Kota Jababeka Cikarang dan terwujud melalui sektor industri, bisnis dan pendidikan. Perusahaan-perusahaan Korea mulai berinvestasi di kota ini sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan serta memperkuat hubungan ekonomi antara Korea dan Indonesia.

“Kehadiran ekspatriat Korea di Kota Jababeka di Cikarang tidak hanya mencerminkan peluang investasi bisnis menjanjikan, tetapi juga menandai sebuah kolaborasi budaya yang kaya dan dinamis. Kota Jababeka menjadi magnet bagi para pengusaha dan profesional Korea yang mencari peluang baru dan lingkungan bisnis yang menguntungkan,” ujar General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Ferry Thahir.

Baca Juga: Jababeka Hadirkan Solusi Komunikasi Berbasis Fiber Optik untuk Tenant Kawasan Industri Kendal

Penguatan komunitas korea di Kota Jababeka juga semakin diperkuat oleh President University. Pada Jumat, 7 Juni 2024, President University menggelar acara Korean Day yang ditujukan untuk mempromosikan dan merayakan budaya Korea, terutama dalam konteks pendidikan dan pertukaran budaya. 

“Konsentrasi K-Wave di President University adalah program yang dirancang untuk memberikan pengetahuan mendalam tentang gelombang budaya populer Korea, yang mencakup segala hal dari musik (K-Pop), drama televisi (K-Drama), film, hingga fashion dan teknologi,” jelas Handa S. Abidin, Rektor President University.

Handa menambahkan, “Program konsentrasi K-Wave akan dibuka pada tahun ajaran baru, dan tidak hanya fokus pada aspek hiburan dan budaya tapi juga mencakup pembelajaran tentang inovasi bisnis dan strategi global yang diterapkan oleh industri hiburan Korea.”

Shin Tae Yong, pelatih tim nasional sepak bola Indonesia yang turut hadir dalam acara Korean Day menyebut kolaborasi antara Korea dan Indonesia harus terus ditingkatkan. “Tujuannya agar potensi generasi muda Indonesia terus unggul, tidak hanya dari sisi olahraga tetapi juga pendidikan. Kegiatan seperti Korean Day merupakan langkah penting dalam mempererat hubungan kedua negara dan memberikan kesempatan belajar yang lebih luas bagi generasi muda,” katanya.

Baca Juga: Jababeka Siap Jadi Kota Metropolitan Pasca Jakarta Lepas Status Ibukota

Keberadaan mahasiswa asing termasuk dari Korea di President University diharapkan dapat memberikan kontribusi ekonomi, salah satunya melalui pembukaan usaha atau bisnis di Indonesia, khususnya di kawasan Jababeka. Mengingat posisinya sebagai salah satu pusat ekonomi terbesar, maka kawasan ini sangat potensial dalam menawarkan peluang bisnis dan investasi yang dapat dimanfaatkan oleh para lulusan.

Lee Sang-deok yang merupakan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, menyampaikan bahwa Kota Jababeka Cikarang yang menjadi rumah bagi President University berada merupakan kawasan kota representatif yang dapat dikatakan sebagai jantung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan Korea yang berekspansi ke kawasan.

“Sekitar 3.000 perusahaan Korea telah masuk ke Indonesia dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia. Sebaliknya, sekitar 60.000 pekerja Indonesia bekerja di berbagai jenis industri di Korea dan mendapat ulasan positif. Didukung latar belakang tersebut, pertukaran dan kerja sama antara Korea dan Indonesia terutama belakangan ini terus 

Kota Jababeka menghadirkan klaster Paradiso Golf Villas dan Kawana Golf Residence dengan fasilitas lengkap yang diminati kalangan ekspatriat termasuk Korea.

“Harga hunian di Kota Jababeka pastinya lebih terjangkau dibandingkan negara tetangga seperti di Korea Selatan itu sendiri, lalu Malaysia, apalagi Singapura. Meski lebih rendah, namun tetap menawarkan fasilitas lengkap bertaraf internasional. Terlebih pertumbuhan ekonomi wilayah Cikarang sangat menjanjikan, sehingga cocok untuk investasi,” tandas Ferry.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: