PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), platform real estate dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia, mencatatkan penjualan segmen real estate mencapai Rp1,3 triliun pada Januari-Maret 2024, naik 50% YoY (Year on Year). Sampai akhir tahun, LPKR berencana meluncurkan sejumlah proyek untuk mengejar target pra penjualan tahun ini sebesar Rp5,37 triliun.
Pada Kuartal I/2024, LPKR juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan 35% YoY menjadi Rp4,607 triliun dari sebelumnya Rp3,814 triliun per Kuartal I/2023. Peningkatan pendapatan turut membuat laba bruto LPKR di segmen real estate naik 58% YoY menjadi Rp584 miliar per Maret 2024. Selain itu, EBITDA melonjak 96% YoY menjadi Rp390 miliar.
Group CEO LPKR John Riady menyampaikan bahwa bisnis real estate bertumbuh pada awal 2024 karena peningkatan penjualan Park Serpong yang berkelanjutan pada Kuartal I/2024, setelah peluncuran yang sukses pada Oktober 2023. LPKR juga menawarkan konsep baru Lippo Cikarang Cosmopolis yang diluncurkan di Lippo Cikarang.
Adapun proyek pengembangan properti yang terjual per Maret 2024 mencakup 48 proyek rumah tapak, 1 proyek hunian tingkat rendah (low-rise), 1 proyek hunian tingkat menengah (mid-rise), 7 proyek gedung bertingkat (high-rise), dan 12 proyek ruko.
Penjualan properti pada Kuartal I/2024 didominasi produk rumah tapak berkat keberhasilan peluncuran Park Serpong. Selain itu, LPKR memasarkan Lippo Cikarang Cosmopolis, sebuah properti berkonsep baru di Lippo Cikarang yang didukung oleh rangkaian produk XYZ Livin. Di samping itu, lebih dari 55% pra penjualan bersumber dari berbagai proyek perumahan yang menyasar pemilik rumah pertama, seperti Cendana Homes, XYZ Livin, dan Waterfront Uptown.
Proyek LPKR sendiri sebagian besar berlokasi di wilayah Barat Jabodetabek, yang terdiri dari produk rumah tapak dan menengah, ruko, serta hunian tingkat tinggi yang siap dihuni. Produk rumah tapak yang dikembangkan oleh LPKR, seperti seri XYZ Livin dan Cendana di Park Serpong, memberikan kontribusi sebesar Rp543 miliar kepada pra penjualan Kuartal I/2024.
LPKR terus memperkuat strategi di segmen pasar pemilik rumah pertama dengan merilis lebih banyak unit di Park Serpong dan Lippo Cikarang Cosmopolis.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait:
Advertisement