Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puncak Acara Festival Kurikulum Merdeka 2024 Diramaikan Lebih dari 1000 Pengunjung

Puncak Acara Festival Kurikulum Merdeka 2024 Diramaikan Lebih dari 1000 Pengunjung Kredit Foto: Direktorat Sekolah Dasar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sukses mengelar acara Festival Kurikulum Merdeka 2024 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Agenda yang diselenggarakan untuk menyebarluaskan energi, semangat, dan praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka tersebut diramaikan oleh lebih dari 1.000 pengunjung dari berbagai ekosistem pendidikan di Indonesia.

Selain menghadirkan dua sesi gelar wicara dengan pembicara inspiratif dari pemangku kepentingan pendidikan seperti murid, guru, orang tua, praktisi pendidikan, dan pemerintah daerah, agenda ini turut memamerkan 46 karya peserta terpilih Potret Cerita Kurikulum Merdeka 2024 yang memberikan gambaran pembelajaran relevan dan menyenangkan dengan Kurikulum Merdeka di berbagai daerah di Indonesia.

Karya terpilih disebar di panel-panel walking gallery sekitar area tempat duduk serta melalui stan “Di Balik Potret Cerita”, dengan tujuan agar pengunjung dapat melihat langsung karya dari lebih dekat dan berinteraksi dengan para peserta terpilih yang turut diundang pada agenda tersebut. Selain karya terpilih terdapat juga 221 karya relevan yang ditayangkan secara digital.

Salah satu pengunjung, Angelina Putri Siregar dari SMP Negeri 1 Martapura, Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan mengungkapkan kebahagiaannya dapat hadir dalam gelaran Puncak Festival Kurikulum Merdeka 2024. Ia mengatakan sangat menikmati pameran Potret Cerita Kurikulum Merdeka dan mendapatkan pengalaman baru.

Baca Juga: Dorong Ekonomi Hijau, Astra Internasional Jalin Kolaborasi Dengan Kemendikbudristek

“Saya menikmati salah satu video terpilih berjudul Karya Manis dari Sugarboy karya Muhammad Athallah Rasikhah, peserta didik Kelas XI dari SLBN Cicendo Kota Bandung. Dia bercerita bagaimana Kurikulum Merdeka membuat dia dapat mengembangkan bakat dan minatnya khususnya di bidang desain grafis. Ternyata Kurikulum Merdeka juga dirasakan dampaknya oleh teman-teman berkebutuhan khusus,” kata Angelina Putri Siregar, salah satu pengunjung dari SMP Negeri 1 Martapura, Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan, Sabtu (6/7/2024).

Selain Angelina, pengunjung lain juga mengungkapkan kebahagiaanya hadir dalam Puncak Acara Festival Kurikulum Merdeka 2024. Dalam acara terdapat stan Gerakan Sekolah Sehat sampai ke stan Transisi PAUD ke SD. 

“Seru, saya keliling-keliling dan sempat baca juga buku-buku tentang Kampus Merdeka, lalu saya ikut permainan nalar di salah satu stan mitra Kemendikbudristek,” kata Jessica.

Pengunjung lainnya, Sisviana Etyka Sari selaku Kepala Sekolah SD Negeri Kragilan 01 Mojolan, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sisviana datang bersama keluarganya untuk menyaksikan rangkaian Puncak Festival Kurikulum Merdeka. Sisviana mengungkapkan bahwa dirinya datang sebagai pendidik, sekaligus sebagai orang tua, karena anaknya sangat semangat ikut Potret Cerita Kurikulum Merdeka tetapi belum berkesempatan terpilih.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cita Auliana
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: