Lewat Cashless, Bank DKI dan Tokopedia Bersinergi Wujudkan Jakarta Jadi Kota Global
Bank DKI menggandeng salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yakni Tokopedia sebagai mitra penjualan resmi Jakarta Tourist Pass.
“Melalui sinergi ini, Jakarta Tourist Pass dapat dengan mudah diakses dan dibeli oleh masyarakat melalui platform Tokopedia, yang memberikan kemudahan perjalanan wisata di Jakarta,” kata Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.
Agus menjelaskan bahwa bekerja sama dengan Tokopedia merupakan langkah strategis dalam memperkuat ekosistem digital di Jakarta.
Baca Juga: Perluas Layanan Keuangan Syariah, Bank DKI Gandeng PW Muhammadiyah DKI Jakarta
“Selain memudahkan wisatawan dalam menggunakan transportasi umum dan layanan wisata lainnya, Jakarta Tourist Pass juga merupakan upaya bersama untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang modern dan terintegrasi,” ujar Agus.
Sementara itu, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan bahwa Jakarta Tourist Pass, yang merupakan produk kolaborasi antara Bank DKI dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, dirancang untuk memudahkan wisatawan dalam mengakses dan menggunakan berbagai layanan transportasi umum di Jakarta secara cashless.
“Dengan adanya Jakarta Tourist Pass, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dengan menyediakan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan,” jelasnya.
Bertepatan dengan sinergi tersebut, Bank DKI dan Tokopedia menerbitkan kartu Jakarta Tourist Pass dengan desain khusus dalam jumlah terbatas, serta promo menarik, yang dapat dipesan melalui platform Tokopedia selama periode promo.
Baca Juga: Tokopedia-TikTok Shop Restrukturisasi Organisasi: PHK, Tapi Berbeda
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi berharap Jakarta Tourist Pass dapat memberi dampak positif terhadap sektor pariwisata sehingga membantu pertumbuhan ekonomi di Jakarta. “Inisiatif ini juga diharapkan dapat mendorong Jakarta menjadi destinasi wisata yang lebih menarik dan kompetitif di kancah internasional,” tambah Arie.
Senior Vice President Digital Goods Tokopedia, Rudy Dalimunthe, mengatakan, "Tokopedia sangat mengapresiasi Bank DKI yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bersama-sama mengakselerasi digitalisasi pembayaran dan menciptakan cashless society yang semakin luas. Lewat kolaborasi ini, kami berharap akan lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan kemudahan bertransaksi digital, khususnya dalam bertransportasi dan berwisata di Jakarta."
Baca Juga: Meski Raih Elektabilitas Tinggi, Anies Sulit Maju Pilkada DKI Jakarta
Sebagai kota dengan pusat ekonomi dan budaya, Jakarta terus berkomitmen untuk mewujudkan visinya sebagai kota global. Salah satu strategi utama adalah melalui penguatan sektor Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), yang menjadi fokus penting dalam upaya menjadikan Jakarta sebagai destinasi unggulan bagi wisatawan domestik dan internasional.
Melalui pengembangan sektor MICE, Jakarta berupaya menarik lebih banyak kunjungan bisnis dan acara internasional, sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan memperkuat posisi Jakarta di kanal global.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Advertisement