Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sebaiknya Jangan Minum Air Putih Terlalu Banyak pada Malam Hari, Ini Efek Sampingnya!

Sebaiknya Jangan Minum Air Putih Terlalu Banyak pada Malam Hari, Ini Efek Sampingnya! Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Minum air putih memang penting untuk kesehatan tubuh, namun mengonsumsinya dalam jumlah besar pada malam hari bisa menimbulkan beberapa masalah. Berikut adalah alasan mengapa sebaiknya kita tidak minum air putih terlalu banyak sebelum tidur.

Pertama, minum terlalu banyak air pada malam hari dapat mengganggu kualitas tidur. Tubuh akan sering terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Hal ini bisa mengganggu siklus tidur, membuat kita sulit mendapatkan tidur nyenyak yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan diri.

Menurut studi dari National Sleep Foundation, tidur yang terpotong-potong dapat menyebabkan kurang tidur yang berkualitas dan meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Hindari Minum Kopi pada 4 Waktu Ini, Bisa Picu Efek Negatif bagi Kesehatan Loh!

Kedua, terlalu banyak minum air pada malam hari juga dapat membebani ginjal. Ginjal bekerja keras untuk menyaring kelebihan cairan dari darah dan membuangnya melalui urin.

mengonsumsi banyak air sebelum tidur bisa meningkatkan beban kerja ginjal pada malam hari, yang seharusnya menjadi waktu untuk tubuh beristirahat dan memulihkan fungsi-fungsi vitalnya.

Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami nokturia, yaitu kondisi di mana seseorang sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Nokturia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk minum terlalu banyak air sebelum tidur.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews menunjukkan bahwa nokturia dapat berdampak signifikan pada kualitas hidup, mengganggu tidur dan menyebabkan kelelahan pada siang hari.

Baca Juga: Anti Kembung, Ini 5 Jenis Kopi yang Aman Dikonsumsi untuk Perut Sensitif

Ketiga, ketidakseimbangan elektrolit. Tubuh membutuhkan elektrolit, seperti natrium, untuk menjaga fungsi otot dan saraf. Jika kita minum terlalu banyak air, konsentrasi elektrolit dalam darah bisa menurun karena air mengencerkan mereka. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kram otot, kelemahan, dan masalah lain yang terkait dengan fungsi otot dan saraf.

Olehnya itu, untuk menjaga hidrasi yang baik tanpa mengganggu tidur, disarankan minum air putih dalam jumlah cukup sepanjang hari dan mengurangi konsumsi air beberapa jam sebelum tidur. Jika merasa haus di malam hari, minumlah dalam jumlah kecil untuk menghindari gangguan tidur.

Dengan memperhatikan asupan cairan, terutama pada malam hari, kita bisa menjaga kualitas tidur dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minum air putih memang penting, tetapi menjaga keseimbangan dan waktu yang tepat juga sangat krusial untuk mendapatkan manfaat maksimal dari hidrasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: