Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bersama Pertamina UMK Academy 2024, UMK Papua Maluku Siap Naik Kelas

Bersama Pertamina UMK Academy 2024, UMK Papua Maluku Siap Naik Kelas Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jayapura -

PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku berkomitmen mendukung Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia melalui Program Pertamina UMK Academy 2024. Program yang membuka kesempatan UMK naik kelas melalui pendampingan, pelatihan hingga peluang mengikuti pameran.

"Melalui UMK Academy yang setiap tahun bergulir terus, kita mencari UMK yang kita bisa kembangkan lebih luas lagi melalui pelatihan," ujar Junior Asisten II CSR dan SMPP Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Theodorus Frests Gabure.

Dia mengatakan, Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi memang diharapkan ikut memajukan UMK di Indonesia.

Baca Juga: Bidik Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan UMKM, bank bjb syariah Sinergi dengan Muhammadiyah

UMK Academy 2024 menjadi cara Pertamina membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja hingga menuntaskan kemiskinan. 

"Pemerintah kini sedang gencar menurunkan angka kemiskinan oleh sebab itu program tersebut merupakan salah satu upaya kami agar tujuan pembangunan berkelanjutan dan berdaya saing bisa secara optimal di Tanah Papua," kata Theo.

Sebanyak 1.686 pelaku usaha lolos mengikuti UMK Academy tingkat regional, dari total pendaftar mencapai 8.000 UMK. Khusus di Papua dan Maluku, terdapat 5 UMK yang lolos tingkat regional, tersebar di Manokwari, Merauke, Jayapura dan Tidore. Segmen usaha UMK mulai dari kuliner hingga kerajinan kulit.

Di tingkat regional, UMK diberi pelatihan dan pendampingan sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang terjadi pada usahanya. Khusus di Papua dan Maluku, permasalahan yang kerap dikeluhkan adalah tentang pasokan bahan baku hingga pemasaran. 

Baca Juga: LPDB-KUMKM Tegaskan Komitmen Salurkan Dana Bergulir untuk Koperasi di Indonesia

UMK diberikan pemahaman agar mau berinovasi demi memberikan nilai tambah pada produknya. Mulai melek digital dengan mengenal sarana media sosial sebagai alat pemasaran demi menjangkau pasar yang lebih luas. Termasuk, pelatihan mengatur keuangan usaha. “Pelatihannya sudah berjalan dari Mei, Juni hingga Juli ini,” ungkap Theo.

Setelah melalui seleksi regional, peserta UMK Academy 2024 terpilih dapat melanjutkan ke seleksi nasional yang berlangsung hingga 4 bulan. Program ini terdiri dari 4 kelas, yakni Go Modern, Go Online, Go Digital, dan Go Global.

Peserta yang mampu menunjukkan komitmennya, dapat menjadi pemenang UMK Academy dan akan mendapat apresiasi berupa hibah alat produksi.

Kehadiran Pertamina UMK Academy 2024 diharapkan bisa memberikan energi baru bagi para pelaku usaha agar bisa mandiri, membuka lapangan kerja lebih banyak, bersaing di pasar internasional dan berkontribusi ke perekonomian nasional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: