Optimalisasi Potensi Ekonomi Digital Indonesia, TikTok Latih Ratusan UMKM Lewat Kelas Bisnis #MajuBarengTikTok 2024
TikTok kembali menggelar Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok untuk kedua kalinya di tahun ini yang diselenggarakan pada 17-18 Juli 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta.
Melalui program yang berlangsung tiap kuartal ini, pelaku UMKM mendapatkan berbagai kelas pelatihan yang berfokus pada peningkatan keterampilan digital untuk memajukan bisnis mereka.
Diadakan secara rutin sejak tahun 2021, Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok telah melatih lebih dari 8.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia.
Program Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok diharapkan dapat membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan melalui fitur-fitur dalam ekosistem TikTok.
Beberapa materi yang diajarkan, antara lain, ialah perilaku belanja pengguna ShopTokopedia, solusi iklan melalui TikTok Ads, promosi kreatif dengan Video Pendek, berkolaborasi dengan Creator Affiliate untuk memperluas jangkauan dan penjualan, serta penggunaan ragam fitur di TikTok seperti LIVE Shopping, Capcut, dan fitur lainnya.
"Besar harapan kami agar Kelas Bisnis #MajuBarengTikTok dapat membantu para pelaku UMKM untuk memajukan bisnis mereka di platform daring melalui ekosistem TikTok dan solusi iklan TikTok Ads. Salah satunya adalah cara membuat video pendek yang menarik dan kreatif agar dapat berjualan dengan mengedepankan konsep hiburan dan edukasi (shoppertainment),” ungkap Pandu Nitiseputro, Head of SMB TikTok Indonesia, Rabu (17/7/2024).
Dia melanjutkan, “Kami juga mengundang seller unggulan untuk langsung berbagi kiat sukses mereka dalam LIVE Shopping sehingga para peserta pelatihan dapat memaksimalkan fitur di TikTok untuk meningkatkan penjualan mereka. Dari ribuan pelaku UMKM yang mendaftar, pada kesempatan kali ini, ada 300 pelaku UMKM yang mengikuti Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok.”
Baca Juga: Cengkraman Bisnis Tiktok Makin Kuat, Layanan Online Travel Agent di Indonesia Target Selanjutnya
Dukungan TikTok Berdayakan UMKM Lewat Penyaluran Kredit Iklan
Selain rutin menggelar program #MajuBarengTikTok yang dapat diikuti secara gratis oleh pelaku UMKM, TikTok juga menyediakan kredit iklan senilai total US$3 juta dalam periode tiga tahun (2023-2025) yang dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai komunitas UMKM. Salah satunya adalah ukmindonesia.id, sebuah organisasi pengembangan UMKM yang menghadirkan beragam informasi, pengetahuan, serta edukasi bagi para pelaku UMKM Indonesia.
Dengan dukungan kredit iklan dari TikTok, ukmindonesia.id dapat terus melakukan edukasi melalui konten kreatif agar menjangkau lebih banyak UMKM di Indonesia. Upaya ini diharapkan dapat mengedukasi UMKM mengenai berbagai macam kiat dalam membangun bisnis, terutama dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal.
"Bantuan kredit iklan dari TikTok kami gunakan untuk memberikan edukasi, bimbingan, hingga promosi yang UMKM butuhkan untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu upaya kami adalah meningkatkan formalisasi usaha dengan memberikan edukasi tentang Nomor Induk Berusaha (NIB). Video yang kami buat telah disaksikan oleh 25 juta penonton dan menarik minat ratusan ribu pelaku UMKM untuk membaca artikel lebih lanjut di situs resmi ukmindonesia.id hanya dalam 2 hari," ujar Gilang Ageng, CEO, ukmindonesia.id.
Baca Juga: Erick Thohir Dukung TikTok Genjot Investasi di Indonesia
Kisah Inspiratif Alumni Peserta Kelas Bisnis #MajuBarengTikTok
Di Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok bulan Juni 2023 lalu, salah satu UMKM yang turut serta adalah Redshroom Store, penyedia sepatu bot industrial dan produk alas kaki lain. Raymond Mario selaku Operation Manager Redshroom Store mengutarakan bahwa program pelatihan #MajuBarengTikTok yang diikutinya memberikan pemahaman mendalam bagaimana cara menggunakan ekosistem TikTok dan memahami audiens TikTok dengan baik.
"Setelah menerapkan materi yang kami pelajari dari #MajuBarengTikTok, omzet rata-rata kami berangsur meningkat hingga 90% dibanding sebelum kami mengikuti program ini. Bahkan, omzet kami di tahun 2024 ini hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Kami belajar untuk tidak hanya memberikan deskripsi produk, tetapi juga bagaimana membuat live yang menarik dan menghibur," ungkapnya.
Selain program pelatihan online yang tersedia sepanjang tahun, TikTok mengundang pelaku UMKM di Indonesia untuk berpartisipasi di dalam Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok selanjutnya.
Informasi lebih lanjut terkait program ini, termasuk bagaimana cara mendaftar dan kapan acara selanjutnya akan diadakan, dapat dilihat di https://majubarengtiktok.com/.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement