Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Literasi Keuangan, Astra Financial Ajak Insan Jurnalis Kolaborasi di GIIAS 2024

Dorong Literasi Keuangan, Astra Financial Ajak Insan Jurnalis Kolaborasi di GIIAS 2024 Dorong Literasi Keuangan, Astra Financial Ajak Insan Jurnalis Kolaborasi di GIIAS 2024 | Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Tangerang -

Astra Financial mengajak insan jurnalis untuk mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia dalam agenda bertajuk Media Trivia di GIIAS 2024. Media Trivia yang diadakan bertujuan untuk mengedukasi sekaligus menantang para jurnalis untuk beradu pengetahuan tentang literasi keuangan.

Media Trivia merupakan kompetisi untuk mengadu pengetahuan seputar finansial bagi para jurnalis, di mana para peserta berkompetisi dalam berbagai tantangan games yang dirancang untuk menguji pemahaman mereka tentang konsep-konsep finansial, asuransi dan digitalisasi keuangan. 

"Astra Financial berkomitmen untuk mendukung peningkatan literasi keuangan di kalangan masyarakat dan juga para jurnalis yang berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Melalui Media Trivia, kami ingin menciptakan suasana yang mengedukasi namun juga menghibur," kata Co-Leader Communication & Environmental, Social, dan Governance (ESG) Astra Financial GIIAS 2024, Laurentius Iwan Pranoto, di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (20/7/2024).

Baca Juga: Dukung GIIAS untuk Keenam Kalinya, OJK Acungi Jempol Konsistensi Astra Financial

Menurutnya, keikutsertaan jurnalis dalam Media Trivia tidak hanya menjadi bentuk kolaborasi dengan media, tetapi juga berperan penting sebagai agen penyebarluasan informasi, sehingga pengetahuan finansial dapat menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan program yang digaungkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 49,68% dari target 65% di tahun 2027. 

Hal ini berarti masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan dan pemahaman mengenai produk dan layanan jasa keuangan. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang terjebak dalam berbagai masalah keuangan.

“Selain untuk meningkatkan kolaborasi dengan jurnalis, melalui kegiatan ini, kami berupaya ikut mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia, salah satunya melalui kalangan pekerja media. Kegiatan ini juga sejalan dengan program yang digaungkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti yang diungkapkan oleh Komisioner OJK, Agusman saat peresmian booth Rabu lalu,” kata Yulian Warman selaku Co-Project Director Astra Financial GIIAS 2024.

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan Industri Otomotif, Astra Financial Kembali jadi Sponsor Platinum GIIAS 2024

Salah satu peserta Lidya, jurnalis JKTOne.com mengatakan, “Ini media trivia-nya seru sekali. Kebetulan saya juga menjadi salah satu pengguna produk-produk keuangan, jadi kurang lebih familiar dengan istilah-istilah financial. Tapi ternyata banyak juga pengetahuan financial yang saya belum tahu."

Iwan Sagi, salah satu peserta jurnalis lainnya yang mengikuti Media Trivia ini menyampaikan, "Saya sangat antusias mengikuti kompetisi ini, karena selain menjadi wadah interaksi dengan jurnalis lainnya, acara ini juga menjadi refreshment bagi kami untuk mengingat kembali materi maupun istilah-istilah di dunia keuangan. Seperti salah satu pertanyaan kuis yang cukup simpel tapi ternyata tidak banyak orang tau, yaitu kepanjangan TLO ternyata Total Loss Only."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: