Buktikan Komitmen Peduli Anak, Sarihusada Raih Penghargaan Kategori Utama dalam Anugerah Perusahaan Layak Anak (PLA) 2024
Atas komitmen dan kontribusinya dalam pemenuhan hak-hak anak Indonesia, Sarihusada Generasi Mahardhika berhasil mendapatkan penghargaan dalam Kategori Utama Anugerah Perusahaan Layak Anak (PLA) 2024.
Penghargaan ini diberikan oleh Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan atau organisasi yang telah menunjukkan komitmen dan kepedulian terhadap pemenuhan hak anak-anak Indonesia.
Penilaian dilakukan melalui serangkaian proses tanya jawab dan presentasi kepada dewan penilai tentang 10 prinsip praktik bisnis dengan topik seputar pemenuhan hak anak (CRBP) yang diperkenalkan Global Compact, Save the Children dan UNICEF. Hal ini dievaluasi dengan teliti dan menyeluruh oleh dewan penilai dengan mengukur bagaimana program yang telah dijalankan mampu memfasilitasi kepentingan nasional.
Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memaparkan bahwa “Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh APSAI selaku mitra pemerintah dalam menginisiasi penghargaan ini. Perusahaan yang menerima Penghargaan Perusahaan Layak Anak menunjukkan komitmen luar biasa terhadap masa depan anak-anak kita. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk terus memperhatikan dan mengutamakan hak-hak anak dalam setiap aspek bisnis mereka.”
Dengan penyelenggaraan Anugerah Perusahaan Layak Anak 2024, APSAI berharap dapat terus memotivasi lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi dan menerapkan praktik-praktik yang mendukung hak-hak anak. Komitmen dan kontribusi dari berbagai sektor bisnis ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Ketua Umum APSAI - Wida Septarina Wijayanti, menyatakan, "Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen yang teguh yang ditunjukkan oleh perusahaan dan sektor swasta terhadap pemenuhan hak-hak anak di Indonesia. Kami berharap penghargaan ini dapat menginspirasi lebih banyak perusahaan untuk menjadi Sahabat Anak Indonesia."
Made Dharmadetta - HR Director Sarihusada, menyambut baik apresiasi yang diberikan dan menjelaskan bahwa pemenuhan hak anak-anak Indonesia menjadi bagian dari misi Sarihusada. “Sarihusada memiliki misi memberikan kesehatan melalui makanan dan minuman kepada sebanyak mungkin orang, termasuk di dalamnya adalah anak-anak. Tahun ini, kami menuju perayaan ulang tahun kami ke-70 menjadi pelopor perusahaan nutrisi bangsa baik dulu, kini dan nanti. Kami mengakui prinsip utama yang mendasari hak anak dan memenuhi tanggung jawab untuk menghormati hak anak dimana hal ini diwujudkan melalui komitmen untuk menciptakan perusahaan yang ramah keluarga dan diimplementasikan melalui kebijakan teknis baik dalam sisi kegiatan bisnis operasional maupun dukungan kesejahteraan karyawan, inovasi produk berkualitas bagi konsumen hingga program berkelanjutan untuk masyarakat,” papar Made.
Baca Juga: Hari Anak Nasional 2024, Kalbe Upaya Lawan Stunting
Anugerah Perusahaan Layak Anak Indonesia telah diadakan sejak tahun 2012. Program ini diadakan untuk mendorong keterlibatan perusahaan dan pelaku usaha sebagai mitra pemerintah dan masyarakat untuk mengutamakan hak-hak anak dalam praktik bisnis mereka. Sebelumnya pada tahun 2013, Sarihusada juga telah memenangkan penghargaan ini dengan kategori Pratama. Berbagai inisiatif dan komitmen yang konstan dikembangkan secara lebih baik, berhasil membawa Sarihusada membawa peringkat yang jauh lebih tinggi pada penghargaan tahun ini.
Sarihusada juga memastikan tidak ada pekerja anak dalam operasional bisnisnya serta menjadi salah satu pionir sejak 2016 yang memberikan hak anak untuk mendapatkan ASI Eksklusif melalui parental policy bagi karyawannya, di mana Ibu dapat 6 bulan cuti melahirkan dan 10 hari cuti bagi Ayah dengan istri yang melahirkan. Didukung dengan jam kerja yang fleksibel, Sarihusada juga memastikan bahwa area kerja karyawan dilengkapi dengan sarana & fasilitas yang baik untuk ibu yang menyusui seperti ruang laktasi, fasilitas day care pada periode tertentu dan keamanan pada area kerja untuk diakses oleh anak.
Sarihusada juga memiliki program 1000 pelangi dengan konsep program training on trainers dimana karyawan Sarihusada juga didampingi untuk memastikan anak dan keluarga memiliki status gizi yang baik dengan melibatkan dokter spesialis anak dan psikolog. Dalam mendukung akses nutrisi terbaik, Sarihusada juga berkomitmen untuk terus melakukan riset dan inovasi dengan tim peneliti terbaik didukung dengan fasilitas Research Center kami di Yogyakarta, untuk bisa menghadirkan produk bergizi yang dibuat khusus untuk membantu menjawab tantangan kebutuhan gizi, termasuk kekurangan Zat Besi seperti SGM Eksplor, satu-satunya dengan IronC™️ - kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C untuk dukung penyerapan nutrisi 2x lipat.
Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, PLN Luncurkan Program Sahabat Anak
Pada aspek sosial, Bersama Cegah Stunting dikembangkan bersama multi stakeholder berkontribusi dalam pencegahan stunting dengan berfokus pada 3 pendekatan yaitu pola makan, pola asuh, dan sanitasi. Sarihusada berkomitmen untuk membangun pola makan dan gizi seimbang melalui program edukasi Isi Piringku, Warung Anak Sehat, dan Ayo Minum Air yang menargetkan anak, Ibu, juga keluarga.
Sadar bahwa pola asuh juga mempengaruhi tumbuh kembang anak yang optimal, Sarihusada juga menghadirkan program edukasi TANGKAS, Bunda Mengajar, Generasi Sehat Indonesia (GESID), dan Aksi Cegah Stunting (ACS). Akses sanitasi dan air bersih juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam mencegah stunting, untuk itu Sarihusada menghadirkan program Water Access Sanitation and Hygiene (WASH).
“Kami menyambut baik dan berterima kasih atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini akan kami jadikan inspirasi juga motivasi untuk terus meningkatkan dan mengembangkan program yang dapat memenuhi lebih banyak lagi hak anak-anak serta menjawab tantangan yang kini dihadapi Indonesia. Kami berharap semakin banyak pelaku usaha yang berperan pada dunia usaha menuju Indonesia Layak Anak,” tutup Made.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement