Hankook Tire & Technology mencatat penjualan sebesar KRW 2.317,8 miliar, dengan laba operasional mencapai KRW 420 miliar. Hal ini merupakan catatan yang mengesankan untuk kuartal kedua tahun 2024.
Dilansir Selasa (13/08/2024), Ketua Hankook & Company Group, Hyunbum Cho mengatakan bahwa hal ini tidak terlepas dari strategi perusahaan yang mengadopsi pendekatan berfokus pada penguatan merek premium, kemitraan yang terus diperkuat hingga, optimalisasi dominasi produk dalam pasar ban kendaraan listrik (EV).
Baca Juga: Layani Kendaraan Listrik HUT RI ke-79, PLN Perkuat Infrastruktur di IKN
Hankook Tire terus menunjukkan inovasi di segmen ban khusus kendaraan listrik. Setelah meluncurkan lini ban EV pertama di dunia di bawah merek iON pada tahun 2022, perusahaan ini berhasil memperluas portofolio tersebut hingga mencakup 236 spesifikasi dengan ukuran mulai dari 16 inci hingga 22 inci. Hankook juga memperkuat posisinya di pasar EV dengan memasok ban OE untuk berbagai model terkemuka, termasuk Porsche Taycan, Audi e-tron GT dan Q4 e-tron, BMW i4, dan Tesla Model Y dan Model 3.
Adapun penjualan ban high-inch (ukuran minimal 18 inci) menunjukkan kinerja yang signifikan, menyumbang 46,3% dari total penjualan ban untuk mobil penumpang dan truk ringan (PCLT). Ini menandai peningkatan 2,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Kontribusi terbesar penjualan ban high-inch tercatat di pasar China (63%), diikuti oleh Korea Selatan (55,3%), Amerika Utara (54,6%), dan Eropa (37,8%).
Hankook Tire juga terus memperluas kemitraannya dengan merek otomotif premium, menjadi pemasok original equipment (OE) untuk merek-merek terkenal seperti Porsche, Mercedes-Benz, BMW, dan Audi. Perusahaan juga bekerja sama dengan divisi performa tinggi dari merek-merek tersebut, termasuk Mercedes-AMG, BMW M, dan Audi RS. Dalam segmen kendaraan listrik, Hankook memasok ban untuk produsen terkemuka seperti Tesla dan BYD, dengan portofolio OE mencakup sekitar 280 model dari hampir 50 produsen otomotif global.
Untuk memperkuat posisinya sebagai merek premium, Hankook Tire telah meningkatkan aktivitas pemasarannya, baik di pasar domestik maupun global. Perusahaan ini menjadi pemasok eksklusif dan mitra resmi untuk ABB FIA Formula E World Championship, kompetisi balap EV terkemuka dunia. Selain itu, Hankook juga merupakan mitra dalam seri balap Lamborghini Super Trofeo, yang diselenggarakan oleh Automobili Lamborghini S.p.A., produsen supercar asal Italia.
Baca Juga: Anti Boncos, Ini 5 Cara Hemat Listrik untuk Cegah Tagihan Membengkak
Melalui berbagai inisiatif ini, Hankook Tire & Technology menunjukkan komitmen yang kuat untuk terus berinovasi dan memperkuat dominasinya di pasar ban global, dengan fokus khusus pada segmen premium dan kendaraan listrik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait:
Advertisement