Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengembangkan UKM yang Tak Terbendung: Cara Mengendalikan dan Menaklukkan Turbulensi Ekonomi

Mengembangkan UKM yang Tak Terbendung: Cara Mengendalikan dan Menaklukkan Turbulensi Ekonomi Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di kawasan ASEAN, yang merupakan salah satu kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat secara global, sektor UKM mencakup lebih dari 97 persen dari semua kategori bisnis yang ada.

Bahkan, baik di Singapura maupun Malaysia, UKM berkontribusi antara 40-50% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional masing-masing negara.

Namun belakangan bisnis ini sudah berjuang menghadapi banyak tantangan, termasuk kekurangan tenaga kerja terampil, kurangnya opsi pembiayaan dan dukungan pemerintah, gangguan platform, dan yang terbaru, inflasi yang berasal dari resesi ekonomi global yang sedang berlangsung.

Di tengah semua tantangan ekonomi dan administratif ini, apa yang dapat dilakukan UKM untuk mampu melindungi dan membangun diri mereka?

Datuk Wira Dr. Azizan Osman, Pendiri Richworks International Sdn. Bhd, mengatakan bahwa jawabannya terletak pada pengembangan branding yang kuat.

"Ketika kita berbicara tentang branding, ini berarti menjadi nama pertama yang muncul di benak orang ketika memikirkan produk atau layanan tertentu," kata Azizan, kepada wartawan, Selasa (10/9).

Lebih dari sekadar logo atau nama yang menarik, ini tentang menciptakan kesan abadi yang membedakan bisnis dari pesaingnya di tengah kebisingan pasar.

Agar berhasil, UKM perlu membuat merek mereka cukup "bersuara keras" agar pelanggan mengingatnya ketika dihadapkan pada suatu kebutuhan.

Misalnya, apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran jika Anda diminta untuk membuat daftar merek yang dimulai dengan huruf 'C'?

Akan ada beberapa yang langsung terlintas di benak anda dan itulah kekuatan branding yang kuat. Datuk Wira Dr. Azizan Osman lebih jauh menjelaskan bagaimana cara sebuah merek dapat melakukan hal tersebut. Hal pertama yaitu perhatikan pelanggan dan komunitas Anda

"Merek yang dianggap mudah diakses dan responsif cenderung lebih dipercaya dan direkomendasikan oleh pelanggannya, yang berarti memelihara hubungan dengan pelanggan sangat penting untuk kesuksesan merek untuk jangka panjang. Ini bukan hanya tentang memberikan produk atau layanan berkualitas; ini melibatkan penciptaan hubungan yang tulus dengan audiens," katanya.

Berinteraksilah dengan komunitas Anda melalui interaksi media sosial, acara komunitas, webinar, atau bahkan sponsor lokal. Atau, pertimbangkan untuk menerapkan program yang mendorong umpan balik dan partisipasi pelanggan pikirkan program loyalitas atau kampanye konten yang dibuat pengguna.

"Untuk mencapai tujuan ini, strategi Corporate Relationship Management (CRM) yang efektif adalah pilihan terbaik Anda. Dengan sistem CRM yang dikelola dengan baik, Anda dapat menciptakan pengalaman yang disesuaikan untuk meningkatkan kepuasan, retensi, dan loyalitas pelanggan, yang semuanya berkontribusi pada pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan," ungkap Azizan. Manfaatkan alat CRM untuk melacak interaksi pelanggan, mengelompokkan audiens Anda untuk pemasaran yang ditargetkan, dan mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang.

Perencanaan dan Komunikasi

Bisnis yang sukses sering kali dibangun atas fondasi kepemimpinan yang kuat, dan cara paling efektif untuk meletakkan dasar bagi hal tersebut adalah melalui pengembangan 3C: Character (Karakter), Capacity Building (Pengembangan Kapasitas), dan Communication Skills (Keterampilan Komunikasi).

"Bila Anda memimpin dengan karakter, maka Anda akan memimpin dengan integritas, ketahanan, dan empati, yaitu sifat-sifat inti yang menjadi contoh yang kuat bagi tim Anda," tandasnya.

Sementara itu, bila Anda membangun kapasitas, Anda berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan dengan merangkul pola pikir pembelajaran berkelanjutan dan tetap dapat beradaptasi. Dan jangan lupakan kekuatan komunikasi! Bersikap jelas, jujur, dan terbuka membantu menciptakan suasana kerja yang positif dan membangun hubungan pelanggan yang kuat dan langgeng. 

"Bila Anda berfokus pada area-area ini, Anda telah menyiapkan panggung untuk tidak hanya memimpin tim, tetapi juga menginspirasi mereka untuk mencapai hal-hal hebat. Pada saat yang sama, Anda perlu mengingat bahwa masa depan bukanlah esok hari, masa depan adalah sekarang. Keputusan dan strategi hari ini menjadi dasar bagi keberhasilan di masa mendatang, itulah sebabnya penting untuk merencanakan jangka panjang," imbuh Azizan.

Mulailah dengan menganalisis tren terkini, perilaku pelanggan, dan perubahan pasar untuk mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang.

Kembangkan visi jangka panjang dan rencana strategis yang mencakup peluang pertumbuhan yang dapat diskalakan, inovasi, dan kemampuan beradaptasi. Gabungkan teknologi seperti AI (artificial intelligence) dan otomatisasi agar tetap kompetitif dan efisien. Ingat, bisnis yang merencanakan masa depan adalah bisnis yang membentuknya.

Uang, Uang, Uang

"Meski terdengar jelas, arus kas yang stabil adalah sumber kehidupan bisnis, artinya dana untuk pengeluaran, investasi peluang pertumbuhan, dan untuk menghadapi tantangan tak terduga. Mengetahui cara mengelola keuangan secara efektif dapat menjadi pembeda antara berkembang pesat dan bertahan hidup, itulah sebabnya memahami manajemen keuangan sangat penting," katanya.

Pelajari dan asah keterampilan Anda, dan gunakan keterampilan tersebut untuk mengembangkan strategi keuangan yang mencakup diversifikasi aliran pendapatan, mengurangi biaya yang tidak perlu, dan merencanakan kebutuhan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

"Berbicara tentang hal itu, mengandalkan satu aliran pendapatan saja berisiko, terutama dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil saat ini. Mengetahui hal ini, UKM harus menjajaki investasi di berbagai saluran pendapatan. Ini berarti mendiversifikasi rangkaian produk dan platform serta metode penjualan Anda," katanya. 

Baik Anda mengandalkan penjualan fisik biasa, pesanan elektronik melalui situs web Anda, atau platform seperti TikTok Shop, Shopee, Lazada, atau Instagram, setiap saluran menawarkan peluang unik untuk menjangkau berbagai segmen pelanggan.

Ingat, bisnis Anda harus berada di tempat yang banyak pengunjungnya, dan hadir di berbagai saluran dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar.

"Jelas, turbulensi ekonomi menghadirkan ancaman dan peluang bagi UKM. Namun dengan strategi yang tepat, UKM tidak hanya dapat bertahan, tetapi juga berkembang. Dalam lingkungan bisnis yang terus berubah saat ini, kemampuan beradaptasi dan inovasi adalah kunci untuk menjadi benar-benar tak terhentikan, dan dalam hal ini, cara terbaik untuk maju adalah bergabung dan menghadapi tantangan secara langsung," ungkap Azizan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: