Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rajin Berinovasi, Total Transaksi Bank Sinarmas Berhasil Tumbuh 51 Persen

Rajin Berinovasi, Total Transaksi Bank Sinarmas Berhasil Tumbuh 51 Persen Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Sinarmas Tbk berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan pada kanal digitalnya seperti aplikasi mobile banking SimobiPlus, serta peluncuran Sistem Originasi Pinjaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan otomatisasi proses bisnis end-to-end untuk originasi pinjaman, penilaian kredit, penjaminan, dan persetujuan pinjaman.

Frenky Tirtowijoyo, Direktur Utama Bank Sinarmas mengatakan, inovasi yang dilakukan pada aplikasi mobile banking SimobiPlus tersebut sebagai wujud menjaga kepercayaan nasabah dan sebagai upaya untuk terus melakukan peningkatan kualitas aplikasi.

"Pengembangan pada aplikasi SimobiPlus sebelumnya telah mencakup beberapa pengembangan lainnya seperti: pembukaan rekening online, transaksi QRIS, pembayaran tagihan, dan manajemen asset," ujar Frenky yang dikutip di Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Tingkatkan Transaksi, Bank Sinarmas Kembali Gelar Program Lucky Draw

Dengan inisiatif pengembangan ini, Bank Sinarmas telah berhasil meningkatkan volume total transaksi dan nilai total transaksi masing-masing sebesar 15% dan 51% pada April 2024.

“Seiring dengan kemajuan dalam pembaruan SimobiPlus tersebut, pencapaian kami hingga saat ini menunjukkan bahwa kami terus berusaha memberikan produk dan layanan terbaik bagi para nasabah,” tambah Sendy, Direktur IT & Digital Experience Bank Sinarmas.

Sementara itu, pengembangan pada Sistem Originasi Pinjaman UMKM dirancang untuk memungkinkan Bank Sinarmas dalam melakukan otomatisasi proses akuisisi kredit, mulai dari input data prospek melalui aplikasi mobile, proses penilaian pinjaman, penilaian risiko otomatis hingga otomatisasi alur kerja persetujuan untuk menyetujui atau menolak aplikasi pinjaman UMKM.

Diluncurkan pada Januari 2024, pengembangan ini merupakan kombinasi antara aplikasi seluler dan aplikasi berbasis web yang memanfaatkan pendekatan alur kerja yang dirancang khusus untuk mendukung pemrosesan aplikasi kredit yang diperlukan oleh bank.

Sistem ini digunakan untuk memasukkan data prospek dan melakukan otomatisasi proses penyaringan yang mencakup integrasi dengan sistem pihak ketiga dan penyedia data. Selain itu, juga dilengkapi dengan mesin penilaian kredit dan risiko otomatis yang memberikan kemampuan untuk melakukan proses analisis kredit secara otomatis. 

Baca Juga: Bank Sinarmas Kembali Ditunjuk Sebagai Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran

Dengan penerapan sistem otomatisasi ini, Bank Sinarmas telah berhasil mengurangi biaya dan proses manual sebesar 90%. Selain itu bank telah meningkatkan akurasi keputusan pinjaman melalui penilaian kredit otomatis dan mengurangi SLA untuk kecepatan pemrosesan pinjaman sebesar 75%.

Atas berbagai upaya tersebut, Bank Sinarmas berhasil meraih dua penghargaan dalam Indonesia Technology Excellence Awards 2024 yang digelar pada Kamis (6/9/2024) bertempat di Hotel Conrad, Bangkok. Dua kategori penghargaan yang berhasil diraih adalah Indonesia Technology Excellence Awards 2024 for Mobile-Banking for SimobiPlus Revamp dan Indonesia Technology Excellence Award for Automation- Banking for MSME Loan Origination System.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: