Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Daihatsu Cetak Wholesale 113.000 Unit di Tengah Penurunan Pasar Otomotif Nasional

Daihatsu Cetak Wholesale 113.000 Unit di Tengah Penurunan Pasar Otomotif Nasional Kredit Foto: Rahmat Dwi Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil mempertahankan posisinya sebagai produsen mobil terbesar kedua di Indonesia meskipun menghadapi penurunan pasar otomotif nasional hingga Agustus 2024. Menurut Rokky Irvayandi, Head Domestic Marketing Division ADM, Daihatsu mencatat pangsa pasar sebesar 20,1 persen untuk penjualan retail dan 20,2 persen untuk wholesale.

Hingga agustus 2024, tercatat ADM sukses mencetak penjualan 113.000 unit secara wholesale dan 117.000 unit secara retail. Sebetulnya angka ini lebih rendah dibanding capaian di tahun sebelumnya pada periode yang sama.

"Daihatsu sampai dengan bulan Agustus pencapaiannya ada 113.000 unit. Atau turun 14,1 persen dibandingkan prioritas yang sama tahun lalu. Jadi kalau kita lihat penurunan secara wholesale untuk Daihatsu lebih kecil dibandingkan penurunan secara market," ujar Rokky dalam agenda Astra Media Day 2024, di Jakarta, Kamis (19/09/2024).

Penurunan ini disebabkan oleh melemahnya daya beli masyarakat dan tingginya harga kendaraan. Meski demikian, penurunan penjualan Daihatsu tercatat lebih kecil, di banding total wholesale otomotif nasional yang mencapai penurunan mencapai 17,1 persen.

Rokky mengungkapkan kapasitas produksi ADM tetap stabil di angka 530.000 unit per tahun sejak 2013, kecuali pada 2020 akibat pandemi. Dari total produksi hingga Agustus 2024, 75 persen dialokasikan untuk pasar domestik dan 25 persen untuk ekspor ke lebih dari 60 negara.

Sedangkan jika dilihat dari total kontribusi ADM ke pasar otomotif nasional mencapai 38%.

"Artinya 38 persen dari mobil-mobil yang terjual ke pasar otomotif nasional adalah produk hasil produksi dari pabrik PT Astra Diasumotor.Tentu kami sangat berterima kasih karena produk-produk ADM dipercaya oleh konsumen.," tambah Roky. 

Dari lima model unggulan Daihatsu, Sigra dan Granmax Pickup menjadi kontributor terbesar, masing-masing menyumbang 33 persen dan 24 persen dari total penjualan Daihatsu hingga Agustus 2024. 

"Dua model ini menjadi backbone utama penjualan Daihatsu di Indonesia," tutup Roky.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: