Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penjualan di Jabar Kian Meningkat, Suzuki Bakal Bikin Kejutan di GIIAS Bandung 2024

Penjualan di Jabar Kian Meningkat, Suzuki Bakal Bikin Kejutan di GIIAS Bandung 2024 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Penjualan mobil Suzuki di Jawa Barat kini berkontribusi sebesar 5,4% dan menduduki posisi kelima tertinggi dalam penjualan ritel Suzuki secara Nasional. 

Dept. Head Strategic Planning PT SIS, Joshi Prasetya mengatakan dari Januari hingga Agustus 2024, tiga model mobil paling diminati di provinsi dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia ini adalah New Carry, dengan kontribusi sebesar 35%, disusul New XL7  (25%) dan S-Presso (7%).

"Pencapaian ini mengindikasikan keseimbangan antara kebutuhan pasar untuk kendaraan niaga ringan sebagai tulang punggung usaha, serta kendaraan penumpang yang mendukung transportasi harian masyarakat bermobilisasi tinggi," jelas Joshi kepada wartawan di Bandung, Selasa (24/9/2024).

Baca Juga: Wuling Kenalkan Air EV Lite Long Range, Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Hingga 300 Km Seharga Rp190 Juta

Joshi juga mengutarakan apresiasinya atas respon positif masyarakat terhadap kehadiran Suzuki di Provinsi Jawa Barat. 

“Kami berterima kasih atas respons positif dan atensi masyarakat Bandung terhadap Suzuki.   Wilayah ini memang memiliki potensi besar untuk industri otomotif. Hal tersebut tercermin lewat kontribusi Jawa Barat sebagai salah satu dari 5 provinsi teratas dalam penjualan nasional produk mobil kami," ungkapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Kota Bandung memiliki jumlah penduduk sebesar 3.831.505 jiwa. Berdasarkan data itu, tak heran jika Bandung dikenal sebagai kota ketiga terbesar setelah Jakarta dan Surabaya. Secara geografis, Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan dengan kondisi medan jalan yang beragam. 

Hal ini menjadi faktor penting bagi masyarakat Bandung dalam mempertimbangkan pembelian mobil, terutama dari segi fungsionalitas, tampilan eksterior, serta fitur kendaraan agar mampu menaklukkan medan jalanan bervariasi sepanjang wilayah Bandung dan sekitarnya. 

Joshi menjelaskan dilihat karakteristik masyarakat Kota Bandung, mayoritas pelanggan Suzuki adalah keluarga muda maupun first jobbers yang mengandalkan passenger car seperti New XL7 Hybrid ataupun S-Presso untuk menemani mobilitas hariannya.

"Tak heran, kedua mobil tersebut menempati peringkat teratas dalam penjualan passenger car di wilayah Jawa Barat," ujarnya. 

Begitu juga dengan penerimaan masyarakat Jawa Barat terhadap model hybrid Suzuki terus menunjukkan tren positif. Ia menuturkan, sejak diperkenalkan pada tahun 2022, kontribusi penjualan kendaraan hybrid kini mencapai 74% dari total penjualan segmen kendaraan penumpang Suzuki. 

Baca Juga: Astra Tetap Optimis Kinerja Membaik, Meski Total Penjualan Mobil Tak Capai 1 Juta Unit

"Kondisi terkini berdasarkan hasil penjualan bulan Januari hingga Agustus 2024, dominasi hybrid semakin menonjol, dimana New XL7 Hybrid berkontribusi sebesar 65%, Grand Vitara memberikan 20%, diikuti All New Ertiga Hybrid menyumbang 15% dilihat dari total penjualan hybrid,"jelasnya

Adapun, Area Manager PT Nusantara Jaya Sentosa (NJS) Nigho Miroji Ariaputra menambahkan tingginya permintaan pasar mobil di Jawa Barat menjadi salah satu peluang baik. 

"Kami pun turut aktif memanfaatkan momentum pameran besar seperti GIIAS Bandung untuk hadir lebih dekat dengan calon pelanggan secara langsung. Tidak hanya mobil penumpang, kami juga tetap menawarkan pilihan mobil niaga ringan sebagai solusi di bidang usaha,” katanya.

Sementara itu, memanfaatkan momentum GIIAS Bandung 2024 yang akan berlangsung pada 25-29 September 2024 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung, Suzuki bekerja sama dengan diler Nusantara Jaya Sentosa (NJS), akan hadirkan deretan kendaraan produk unggulan seperti Grand Vitara, New XL7 Hybrid, dan Jimny 5-door disertai promo menarik serta aktivitas seru setiap harinya untuk dinikmati pengunjung.

Joshi kembali menyebutkan Suzuki juga akan menawarkan paket DP dan angsuran menarik, serta hadiah langsung sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan setia yang melakukan pembelian selama pameran. 

"Peluang ini dapat dinikmati langsung oleh pengunjung booth Suzuki di Sudirman Grand Ballroom," ujarnya.

Sesuai visinya, tambah Joshi, Suzuki akan terus berinovasi untuk menghadirkan kendaraan bermanfaat serta relevan dengan kebutuhan masyarakat. Melalui kualitas terjamin, fitur-fitur yang dibutuhkan serta ditambah teknologi ramah lingkungan guna mendukung gaya hidup masa kini.

"Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama kami," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: