Kredit Foto: Kemendag
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Mardyana Listyowati resmi menutup Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 pada Sabtu, (12/10) kemarin. Pameran dan peragaan busana modest fashion bertaraf internasional ini berhasil mencetak transaksi potensial USD20,4 juta. Nilai tersebut melampaui target transaksi yang ditetapkan, yaitu USD3 juta.
“Alhamdulillah, JMFW 2024 berhasil mencetak transaksi potensial sebesar USD20,4 juta. Nilai tersebut dicapai dari penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) yang merupakan bagian dari rangkaian JMFW 2024. Kami bersyukur, nilainya melebihi target yang ditetapkan sebelumnya sebesar USD3 juta. Hal ini merupakan bukti industri modest fashion Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang,” ujar Mardyana.
Baca Juga: UMKM Binaan Pertamina Raih Predikat Best Eco Friendly di Panggung Jakarta Muslim Fashion Week 2024
Mardyana mengungkapkan, JMFW 2024 menghadirkan 239 jenama kebanggaan tanah air dengan menampilkan lebih dari 1.000 koleksi fesyen. Selain itu, keberagaman desain yang memadukan kearifan lokal dengan tren global menjadi salah satu daya tarik kuat dari JMFW 2024 ini.
“JMFW 2024 telah berjalan dengan baik. Kami bangga atas terlaksananya berbagai rangkaian kegiatan JMFW 2024 yang meliputi peragaan busana, pameran dagang, penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), gelar wicara, dan kompetisi desain tekstil. Kementerian Perdagangan terus mendorong kemajuan industri modest fashion di Indonesia,” imbuh Mardyana.
Kegiatan yang digelar pada 9—12 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten, ini sukses mendatangkan sekitar puluhan ribu pengunjung yang terdiri dari pelaku industri, masyarakat, hingga buyer dari berbagai negara.
Selain itu, sebanyak 56 negara berpartisipasi dalam penjajakan kesepakatan bisnis, seperti Jepang, Paris, Belanda dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan eksistensi industri modest fashion Indonesia yang semakin kokoh.
Baca Juga: Pesona Wastra Jabar, Solusi Pertumbuhan Ekosistem Fashion Jawa Barat
Pada sesi penutupan, JMFW 2024 menampilkan jenama kebanggan Indonesia yang meliputi Irmasari Joedawinata X Rumah Kreatif Sekomandi dari Kantor Perwakilan (KPw) BI Sulawesi Barat, Qolbi dari KPw BI Jambi, dan Fenny Saptalia dari KPw dari BI DKI Jakarta. Berikutnya BI Present Dedensiswanto for Satoekultur, Gorgeous Indonesia dari KPw BI Jawa Barat, dan Ronald Moreno dari KPw BI Kepulauan Riau.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement