Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waspada Call Center Palsu, Maybank Indonesia Bagikan Tips Menghindari Voice Phising atau Fake Caller

Waspada Call Center Palsu, Maybank Indonesia Bagikan Tips Menghindari Voice Phising atau Fake Caller Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tindak kejahatan marak terjadi dengan modus yang beragam melalui saluran digital. Mulai dari panggilan telepon, hingga pesan mencurigakan melalui SMS, Whatsapp, atau e-mail yang mengatasnamakan bank. 

Banyak korban yang terjerat pada modus penipuan ini. Penipuan secara digital ini sering menimbulkan kerugian, terutama dari segi finansial.

Modus penipuan yang teridentifikasi baru-baru ini adalah penipu menggunakan nomor call center, yang menyerupai nomor resmi bank, untuk menghubungi korban. Modus ini dikenal dengan Voice Phising (Vishing) / Fake Caller. 

Sebagai informasi, bahwa PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) tidak pernah menghubungi nasabah maupun calon nasabah menggunakan nomor Telp Call Center 1500611 atau No Telp +62 1500611.

Apa Itu Voice Phising atau Fake Caller?

Vishing atau voice phising merupakan penipuan melalui telepon untuk mendapatkan informasi pribadi yang sifatnya sensitif dan rahasia seperti nomor kartu hingga kata sandi. Hal ini dilakukan agar pelaku dapat mengakses perbankan korban dengan cara memancing emosi korban. 

Biasanya, pelaku melancarkan aksinya dengan cara berikut:

  • Penipu menghubungi korban dengan mengatasnamakan “Bank Maybank” atau “Maybank Indonesia”;
  • Penipu biasanya akan menginformasikan bahwa telah terjadi aktivitas atau transaksi pada Kartu Kredit korban atau bahkan menyatakan korban sebagai pemenang undiang/penerima hadiah;
  • Korban diarahkan untuk melakukan pemblokiran kartu demi keamanan Kartu Kreditnya, yang bersifat urgent
  • Pelaku mengirimkan SMS, Whatsapp, dan E-mail berisi link, yang mengharuskan korban mengisi data pribadi rahasia seperti nomor Kartu Kredit, nomor rekening, expired date, CVV, OTP SMS, user ID, hingga password M2U ID Apps sebagai persyaratan
  • Modus penipuan ini biasanya dilakukan di malam hari, saat korban tidak dalam kondisi optimal.

Baca Juga: Perluas Pangsa Pasar Syariah, Maybank Syariah Hadirkan Dua Produk Inovatif

Cara Menghindari Voice Phising atau Fake Caller

  • Waspada saat menerima SMS / Whatapp / Email dari nomor atau tidak dikenal.
  • Perhatikan incoming call yang masuk. Jika nomornya 1500611 tetapi ada awalan seperti 021, +62 dll sudah dipastikan itu call center palsu. Sebagai informasi bahwa Maybank Indonesia tidak pernah menghubungi nasabah maupun calon nasabah menggunakan nomor Telp Call Center 1500611 atau No Telp +62 1500611.
  • Disarankan jangan menyimpan nomor resmi Maybank Call Center di smartphone Anda, supaya bisa mengenali apakah nomor telepon yang masuk tersebut dari nomor call center resmi atau bukan.
  • Segera tutup jika dirasa telepon tersebut modus penipuan.
  • Pastikan kamu menjaga kerahasiaan data pribadi bank. Ingat, pihak bank tidak pernah meminta data pribadi yang sifatnya rahasia,seperti nomor kartu ATM, PIN, CVV/CVC, masa berlaku kartu, OTP dll.
  • Sesegera mungkin akhiri percakapan dan blokir nomor ponsel supaya tidak menghubungi kembali.
  • Jika menemukan aktivitas lain yang mencurigakan pada rekening, segera hubungi Maybank Call Center di nomor telp 1500611 atau +6221 78869811 (dari luar negeri) atau melalui Email ke layanan CS Email melalui [email protected] 
  • Selalu ingatkan keluarga dan orang terdekat supaya lebih waspada dengan tindakan penipuan seperti ini. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi bank yang sifatnya rahasia agar terhindar dari modus penipuan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: