Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom Digitalisasi UMKM: OCA Interaction Lite Siap Bikin Usaha Jadi Lebih Efisien

Telkom Digitalisasi UMKM: OCA Interaction Lite Siap Bikin Usaha Jadi Lebih Efisien Kredit Foto: Telkom
Warta Ekonomi, Bandung -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai lokomotif digitalisasi di Indonesia, menghadirkan platform OCA Indonesia yang menawarkan solusi Customer Relationship Management (CRM) yang fleksibel, aman, dan cocok kebutuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Solusi tersebut adalah OCA Interaction Lite (https://leaptelkom.me/OCATipsCRM) dari OCA Indonesia yang dapat diimplementasi dengan mudah, serta dilengkapi fitur yang dapat disesuaikan kebutuhan UMKM. 

Baca Juga: Perkuat Ekonomi Kerakyatan, BRI Salurkan Kredit ke Sektor UMKM Sebesar Rp1.105 Triliun

EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa mengatakan, OCA Interaction Lite bisa jadi pilihan tepat untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. 

Selain mampu membuat bisnis semakin lancar, OCA Interaction Lite juga mengedepankan keberlanjutan lingkungan lewat efisiensi teknologi digital dan pengelolaan data lebih baik. Dengan digitalisasi CRM, UMKM bisa lebih efisien mengelola sumber daya, memperkuat transparansi operasional, dan tentunya membantu menjaga lingkungan.

Melalui OCA Interaction Lite, Telkom berkomitmen mendukung UMKM dalam mengoptimalkan hubungan pelanggan dan meningkatkan produktivitas bisnis. Dengan solusi CRM yang fleksibel dan mudah diadaptasi, kami memastikan pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi digital secara maksimal untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing.

"Terlebih dengan fitur yang telah disesuaikan kebutuhan bisnis, tools ini diyakini dapat meningkatkan efisiensi dengan tetap mengutamakan keandalan dan tanpa mengesampingkan keamanan,” kata Komang dalam keterangan resminya, Rabu (30/10/2024). 

Baca Juga: Produk UMKM Jabar Berpotensi Tembus Pasar China

Dalam dunia bisnis yang semakin digital, menjaga hubungan erat dengan pelanggan menjadi kunci penting untuk keberlangsungan dan pertumbuhan UMKM. Berdasarkan data The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), digitalisasi mampu meningkatkan loyalitas pelanggan, mempercepat transaksi, dan memperluas pasar. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: