Mulai 28 Oktober 2024 lalu, semua Terminal Ferry Domestik di wilayah kerja Badan Pengusahaan (BP) Batam, tidak lagi melayani pembelian tiket pakai uang tunai.
Semua sudah pakai sistim tiket online alias e-ticketing. Dimulai sejak November tahun lalu. Para calon penumpang yang berangkat melalui Terminal Ferry Domestik Sekupang, Telaga Punggur atau Harbour Bay, cukup memesan melalui easybook.com atau tiketkapal.com.
Kalaupun misalnya calon penumpang sudah kadung sampai di salah satu terminal ferry domestik tadi, langsung saja membeli tiket di self kiosk yang sudah disediakan.
Sama seperti membeli di easybook.com atau tiketkapal.com, melalui self kiosk, calon penumpang sudah bisa langsung memilih nomor kursi yang diinginkan, bayar dengan cara scan QRIS, tiket atau boardingpass, sudah langsung dapat. Praktis.
Pada tanggal 28 Oktober 2024 itu peresmian terakhir Terminal Ferry Domestik itu dilakukan di Harbour Bay. Terminal ini melayani rute Batam-Tanjung Balai Karimun atau sebaliknya.
Tak berlebihan bila BP Batam melakukan terobosan semacam ini. Sebab penumpang dari dan ke Batam cenderung membludak. Triwulan pertama tahun ini saja, penumpang domestik sudah mendekati angka 1 juta, persisnya; 895.955 penumpang.
Terminal Ferry Domestik Harbour Bay saja malah melayani pemberangkatan 5 kali sehari. "Mudah-mudahan penerapan dengan penerapan e-ticketing di seluruh Terminal Ferry Domestik Batam ini, perjalanan akan menjadi lebih efisien dan transparan," saat peluncuran e-ticketing di Terminal Ferry Domestik Harbour Bay itu, Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Dendi Gustinandar, berharap.
Lebih jauh Dendi menyebut, Kota Batam merupakan hub transit bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang akan melakukan perjalanan ke berbagai pulau di wilayah Kepulauan Riau maupun Provinsi Riau.
Pihaknya terus mengajak seluruh stakeholder melakukan pengawasan dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan e-ticketing ini demi memastikan peningkatan layanan yang dirasakan oleh penumpang kapal ferry domestik.
"Kami mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengevaluasi pelaksanaan e-ticketing di Terminal Ferry Domestik dalam wilayah kerja BP Batam demi peningkatan layanan yang dirasakan oleh pengguna jasa Terminal Ferry Domestik," pintanya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Romus Panca
Editor: Abdul Aziz
Tag Terkait:
Advertisement