Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero) sukses mencatatkan transaksi hingga lebih Rp1,5 miliar pada hari pertama gelaran pameran Asia Consumer Sourcing Expo (CSE) 2024 yang berlangsung 14-16 November 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten.
Salah satu UMKM binaan Pertamina yakni Bali Ayu, mendapat pesanan 1 kontainer produk sabun kecantikan dari buyer asal India. Selain itu, beberapa pemilik hotel ternama telah mengajukan ketertarikannya pada beberapa produk kecantikan. Hal ini menandakan animo besar dari konsumen, baik dari pasar domestik maupun internasional terhadap produk lokal berkualitas Indonesia.
Baca Juga: Penyaluran Kredit UMKM Cenderung Melambat, OJK Beberkan Alasannya
"Berkat bimbingan Pertamina, kami mampu memahami kebutuhan pasar internasional dan menyesuaikan kualitas produk agar bisa diterima di berbagai negara," ujar Komang Yatik, pemilik UMKM Bali Ayu.
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menerangkan pada pameran kali ini, Pertamina menyertakan 6 UMKM terbaik antara lain Bali Ayu, Arinnee, Kahla, Fish Skin, Sanrah Food dan Agrominafiber. Keikutsertaan UMKM ini menunjukkan daya saing dan kualitas tinggi dari produk Indonesia di pasar global.
“Kami mengapresiasi pencapaian UMKM binaan Pertamina di hari pertama pameran CSE Asia 2024 ini. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras yang tidak hanya membanggakan Pertamina, tetapi juga Indonesia. Pertamina akan terus mendukung UMKM Indonesia untuk bisa bersaing di kancah internasional,” ujar Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina.
CSE Asia 2024 sendiri merupakan pameran bisnis dan produk tangan pertama yang menampilkan produk unggulan dari supplier dan manufaktur ternama di Tiongkok. Pameran ini bertujuan memperkuat perdagangan produk di wilayah Asia Tenggara hingga Asia.
“Kami mengapresiasi pencapaian UMKM binaan Pertamina di hari pertama pameran CSE Asia 2024 ini. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras yang tidak hanya membanggakan Pertamina, tetapi juga Indonesia. Pertamina akan terus mendukung UMKM Indonesia untuk bisa bersaing di kancah internasional,” ujar Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina.
Fadjar menambahkan, selain sebagai ajang promosi, pameran CSE Asia 2024 juga menjadi sarana penting bagi UMKM untuk membuka wawasan mengenai tren pasar global serta membangun jaringan bisnis yang lebih luas. Pertamina memberikan beragam dukungan kepada UMKM peserta, termasuk pelatihan intensif, peningkatan kapasitas produk, serta strategi pemasaran internasional.
Baca Juga: LPDB-KUMKM Dongkrak Koperasi Lewat Ekosistem Bisnis Produktif dan Inovatif
“Keberhasilan ini membuktikan bahwa produk Indonesia memiliki kualitas dan inovasi yang mampu bersaing di tingkat internasional,” pungkas Fadjar.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
Editor: Aldi Ginastiar
Advertisement