Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Mandiri Siapkan Rp26 Triliun untuk Hadapi Lonjakan Transaksi Selama Libur Nataru

Bank Mandiri Siapkan Rp26 Triliun untuk Hadapi Lonjakan Transaksi Selama Libur Nataru Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Mandiri telah menyiapkan strategi menghadapi lonjakan transaksi pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan mengalokasikan uang tunai sebesar Rp26 triliun. Alokasi ini meningkat 4,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama 33 hari, mulai 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.

SEVP Corporate Relations Bank Mandiri, Wisnu Trihanggodo, menyatakan bahwa proyeksi kebutuhan dana tahun ini naik 3,3%, terutama untuk pengisian ATM dan CRM di lokasi strategis seperti bandara, terminal, stasiun kereta, dan tempat wisata utama. Puncak kebutuhan pengisian ATM diperkirakan terjadi dua hari sebelum Natal dan Tahun Baru.

Saat ini, Bank Mandiri mengoperasikan 12.885 ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Selain itu, 259.000 mesin EDC (Electronic Data Capture) telah disiapkan untuk mendukung transaksi non-tunai, yang diperkirakan meningkat terutama karena pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) Natal.

Bank Mandiri juga memperkuat layanan non-tunai dengan mendistribusikan 947.000 kartu Mandiri e-money ke cabang dan mitra merchant. Selain itu, nasabah didorong memanfaatkan fitur-fitur pada aplikasi super app Livin’ by Mandiri yang mencakup layanan finansial dan gaya hidup.

“Livin’ by Mandiri memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan keuangan hanya dengan satu login, mulai dari rekening, e-wallet, hingga pembelian tiket pesawat dan konser melalui fitur Livin’ Sukha,” ungkap Wisnu.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri telah mencatatkan pertumbuhan signifikan dengan 28,1 juta pengguna pada Oktober 2024, meningkat 32% secara tahunan. Nilai total transaksi mencapai Rp3.315 triliun dengan frekuensi transaksi mencapai 3,1 miliar kali.

Baca Juga: Mandiri Utama Finance Umumkan Perubahan Struktur Kepemilikan Saham, Kepemilikan Bank Mandiri Kini 99,99%

Selain meningkatkan kenyamanan, Bank Mandiri juga terus mengedukasi nasabah terkait keamanan transaksi digital. Wisnu mengingatkan pentingnya menjaga kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu, OTP, CVV, dan CVC. Nasabah juga diimbau untuk tidak mengklik tautan mencurigakan atau mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya.

Untuk memastikan layanan optimal selama libur Nataru, Bank Mandiri mengoperasikan Call Center 14000 dan Live Chat MITA di WhatsApp +62 811-84-14000. Layanan digital lainnya melalui Kopra by Mandiri juga dioptimalkan untuk kebutuhan bisnis nasabah.

Dengan persiapan matang, baik dari sisi layanan tunai maupun digital, Bank Mandiri menunjukkan komitmennya untuk memberikan solusi keuangan yang cepat, aman, dan mudah bagi masyarakat selama periode liburan akhir tahun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: