Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tembus USD 4,81 Miliar, Ini Upaya KKP Tingkatkan Ekspor Perikanan

Tembus USD 4,81 Miliar, Ini Upaya KKP Tingkatkan Ekspor Perikanan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatatkan ekspor hasil perikanan pada periode Januari-Oktober 2024 tembus USD 4,81 miliar atau sebanyak 1,15 juta ton yang berhasil beredar di pasar global.

Untuk meningkatkan serapan ekspor hasil perikanan di pasar global dan domestik, KKP melakukan berbagai strategi pemasaran.

Baca Juga: Komitmen Pelaksanaan Pembangunan dan Pencairan Anggaran, Teguh Serahkan DIPA dan TKD DKI 2025

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo mengutarakan, angka tersebut lebih tinggi dibanding periode serupa di 2023 yaitu sebanyak 0,99 juta ton dengan nilai USD 4,61 Miliar. 

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) 5 negara tujuan ekspor utama Indonesia meliputi Amerika Serikat, Tiongkok, Asean, Jepang, dan Uni Eropa.

"Dari sisi komoditas, pertama udang kemudian Tuna-Cakalang-Tongkol, Cumi-Sotong-Gurita, Rajungan-Kepiting, dan Rumput Laut, serta beberapa komoditas potensial lainnya, seperti Tilapia dan Ikan Hias. Tentu jumlahnya masih memungkinkan untuk bertambah karena data sementara sampai Oktober," terang Dirjen PDSPKP, Budi Sulistiyo saat konferensi pers akhir tahun di KKP, dikutip Rabu (18/12).

Peningkatan ini tak lepas dari sejumlah upaya KKP, salah satunya berpartisipasi pada pameran berskala internasional. Tercatat, dari 5 pameran yang diikuti selama 2024, telah terealisasi kontrak dagang senilai USD 50,03 juta. 

"Ini tentu membawa angin segar bagi penguatan akses pasar luar negeri produk perikanan kita," jelas Budi.

Untuk memudahkan pelaku usaha mengakses pasar luar negeri, KKP mengembangkan sistem market intelligence yang berisi data dan informasi, serta analisis yang dapat menggambarkan posisi Indonesia dengan negara-negara lain, baik sebagai tujuan pasar maupun kompetitor produk perikanan di pasar global.  

Analisis pasar saat ini terutama untuk  6 jenis komoditas utama Indonesia, yakni udang, tuna, rumput laut, lobster, kepiting, dan tilapia. "Ini bagian inovasi untuk melihat peluang pasar ekspor khususnya komditas prioritas," urai Budi.

Sasar Pasar Domestik & Program Makan Bergizi

Selain fokus pada pasar luar negeri, Budi menegaskan jajarannya juga melakukan sejumlah langkah guna menggarap pasar dalam negeri. Dimulai dengan promosi seperti bazar bulanan di kantor KKP yang melibatkan 228 UMKM, dukungan pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia-Bangga Berwisata di Indonesia (BBI-BBWI) di Maluku yang diikuti oleh 104 UMKM. 

Kemudian kampanye merdeka protein 100 gram dalam Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bersama mitra di 77 kabupaten/kota, serta kampanye protein ikan guna mendukung program makan bergizi. Total, kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 300 ribu peserta, khususnya anak-anak atau para siswa dan santri. 

"Kami percaya, peningkatan asupan protein bukan hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tapi juga memberikan multiplayer effect terhadap nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar hasil perikanan," kata Budi.

KKP juga mendorong komoditas perikanan untuk menjadi bagian dari program makan bergizi gratis. Tercatat per 16 Desember 2024, 44 Unit Pengolah Ikan (UPI) telah terdaftar sebagai mitra Badan Gizi Nasional (BGN). 

"Kami mendukung penuh  program Makan Bergizi yang dilaksanakan BGN, kami mendorong 1.195 UPI menjadi mitra, dan per hari ini, sudah 44 yang telah terdaftar," terang Budi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: