Dorong Transformasi Digital dan Gaya Hidup Ramah Lingkungan, PLN Perkenalkan PLN Mobile dan Kendaraan Listrik ke Masyarakat Depok
Dalam upaya mendukung transformasi digital dan mempercepat adopsi teknologi ramah lingkungan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) menggelar sosialisasi aplikasi PLN Mobile dan penggunaan kendaraan listrik di Kota Depok pada Jumat (27/12/2024).
Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pelatihan tata boga dan menjahit yang merupakan bagian tahapan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pengembangan UMKM Kota Depok, hasil kolaborasi antara PLN UIP JBB dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, khususnya bagi kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Kegiatan ini berlangsung di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Melati, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.
Program TJSL Pengembangan UMKM Kota Depok, memberikan dukungan kepada kelompok UMKM dan Kelompok PEKKA Kota Depok meliputi pengembangan usaha kuliner, kue, kerajinan tangan, menjahit, hingga usaha salon. Selain itu, diberikan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM, agar dapat naik kelas.
Sosialisasi aplikasi PLN Mobile pada kegiatan TJSL tersebut difokuskan untuk mengajak masyarakat agar menggunakan aplikasi PLN Mobile, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait berbagai fitur inovatif yang ditawarkan oleh aplikasi ini.
Baca Juga: Dukung Kesehatan Masyarakat, PLN Bangun Fasilitas Air Bersih di Kecamatan Tarumajaya
PLN Mobile dirancang untuk memberikan kemudahan layanan kepada pelanggan, mulai dari pembelian token listrik, pembayaran tagihan, hingga pengajuan layanan tambah daya. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pencatatan meter mandiri dan pelaporan gangguan listrik yang dapat diakses langsung melalui ponsel. Melalui digitalisasi ini, pelanggan diharapkan dapat menikmati layanan kelistrikan yang lebih mudah, cepat, dan transparan.
Sosialisasi ini disampaikan oleh Assistant Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIP JBB, Cepy Nursyamsi Ardiansyah. "PLN Mobile adalah bukti transformasi digital PLN yang bertujuan untuk menghadirkan pelayanan yang cepat, transparan, dan ramah pelanggan," ujar Cepy.
Tidak hanya itu, sosialisasi ini juga memberikan pengetahuan mendalam tentang kendaraan listrik sebagai solusi mobilitas masa depan. Peserta diberikan wawasan mengenai berbagai keunggulan kendaraan listrik, termasuk hemat biaya operasional atau bahan bakar, ramah lingkungan, pajak yang lebih rendah, serta akses bebas dari aturan ganjil-genap. PLN juga menegaskan komitmennya dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan terus menambah jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai wilayah.
Salah satu peserta sosialisasi, Nurhayati, yang juga merupakan bagian dari kelompok PEKKA mengungkapkan banyak informasi baru yang didapatkan dari sosialisasi ini. “Saya baru tahu kalau di Aplikasi PLN Mobile terdapat fitur Swacam, jadi saya bisa laporkan sendiri angka yang tercatat pada kWh meter, tidak perlu menunggu petugas datang”, ungkap Yati.
Pada kesempatan terpisah, General Manager PLN UIP JBB, Defiar Anis, menyampaikan pentingnya sosialisasi ini untuk mendorong masyarakat memanfaatkan layanan digital dan teknologi ramah lingkungan.
Baca Juga: YBM PLN UIP JBB Pererat Harmoni Muzaki dan Mustahik Melalui Program Jumat Berkah
“Kami berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat semakin memahami manfaat besar dari aplikasi PLN Mobile dan kendaraan listrik. Aplikasi ini merupakan wujud nyata transformasi digital PLN untuk memberikan layanan yang lebih baik, efisien, dan ramah pelanggan. Sementara itu, penggunaan kendaraan listrik diharapkan dapat menjadi langkah awal masyarakat menuju gaya hidup yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan,” ujar Anis.
“Tujuan dari sosialisasi ini bukan hanya memperkenalkan teknologi, tetapi juga memberdayakan masyarakat agar lebih siap menghadapi perubahan era digital dan transisi energi. Dengan pemahaman yang lebih baik, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan PLN secara optimal dan turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan melalui penggunaan teknologi ramah lingkungan,” tambah Anis.
“Melalui kegiatan ini, PLN UIP JBB terus memperkuat hubungan dengan masyarakat dan menunjukkan komitmen untuk mendukung perubahan menuju masa depan yang lebih baik. Ke depan, PLN akan terus berinovasi dan berkolaborasi demi mewujudkan layanan yang lebih mudah, efisien, dan memberikan manfaat nyata bagi seluruh lapisan masyarakat,” tutup Anis.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement