Meski 'Kerja Gak Sesuai Jurusan', Dudi Arisandi Sukses jadi HR Berpengaruh dan Bawa tiket.com Raih Banyak Penghargaan
Dudi Arisandi adalah seorang Human Resources (HR) profesional yang telah berpengalaman lebih dari dua dekade. Namanya dikenal oleh perusahaan sebagai sosok yang sukses mengelola Sumber Daya Manusia secara optimal dan dikenal oleh pekerja sebagai sosok inspiratif. Uniknya, profesi ini sebenarnya “gak nyambung-nyambung amat” dengan latar belakang pendidikannya.
Dudi Arisandi adalah lulusan Program Studi Matematika Universitas Padjadjaran (1997). Ia kemudian mendapatkan gelar magister Teknik Industri dari ITB (2000). Pada titik ini, Dudi Arisandi sudah mulai masuk ke dunia kerja sebagai HR Officer. Pada tahun 2008, barulah ia meraih Certified Human Resources Professional (CHRP) dari Universitas Atmajaya.
Karier Dudi Arisandi di dunia HR dimulai pada tahun 2000 sebagai HR Officer di PT Hero Supermarket Tbk. Di sini, Dudi mengasah dasar-dasar manajemen sumber daya manusia yang menjadi pijakan untuk perjalanan kariernya ke depan.
Pada tahun 2005, Dudi bergabung dengan PT Panen Lestari Internusa (Sogo Indonesia) sebagai HR Operation Manager. Peran ini memberikan pengalaman lebih mendalam dalam mengelola operasional HR.
Selanjutnya, pada tahun 2010, Dudi bergabung dengan PT Johnson Home Hygiene Product (SC Johnson) untuk mengelola tiga pabrik sekaligus. Di sini, ia dipercaya memastikan kebijakan SDM berjalan selaras di seluruh pabrik. Keberhasilannya membuatnya dipromosikan menjadi Director of Human Resources Business Partner pada tahun 2014.
Baca Juga: Perjalanan Bisnis Garibaldi Thohir, Gagal di Properti tapi Sukses Besar di Batu Bara
Langkah Dudi semakin lebar ketika ia dipercaya sebagai People and Performance Director di The Kraft Heinz Company, sebuah posisi strategis di tingkat Asia Tenggara. Di perusahaan ini, ia memimpin berbagai inisiatif transformasi HR yang fokus pada pengembangan karyawan dan peningkatan kinerja perusahaan.
Pada Januari 2019, Dudi bergabung dengan tiket.com sebagai Chief People Officer. Di sini, ia bertanggung jawab atas pengelolaan lebih dari 1.300 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dudi menerapkan pendekatan kepemimpinan partisipatif dan kolaboratif yang fokus pada kesejahteraan karyawan secara holistik.
Dudi juga dikenal dengan pendekatannya yang unik, bahkan dijuluki “Bapak Pantun HR” oleh para karyawan, yang disebut sebagai T-Fam. Dalam wawancara bersama HR World South East Asia, ia menekankan pentingnya setiap anggota tim untuk berpartisipasi dan mengembangkan diri.
Filosofi kepemimpinan ini akhirnya menciptakan lingkungan kerja yang positif dan membawa tiket.com meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti:
- 2020 & 2021: HR Asia Award “Best Company to Work For” dari HR Asia.
- 2021: “Most Caring Company” dari HR Asia.
- 2021: “Very Good Rating Future HR Readiness” dari SWA Magazine.
- 2022-2024: HR Asia Award “Best Company to Work For” dari HR Asia.
Baca Juga: Kinerja Mengudara, tiket.com Tutup Tahun dengan Gemilang
Tidak hanya tiket.com yang menerima penghargaan, Dudi secara pribadi juga diakui sebagai salah satu pemimpin HR paling berpengaruh di Asia Tenggara. Beberapa penghargaan bergengsi yang diterimanya seperti:
- The Most Influential HR Leader in Indonesia dari ETHR World Southeast Asia 2024.
- The 40 Most HR Leaders Across Southeast Asia dari PeopleHum.
- Top 50 Leaders to Follow in 2024 dari PeopleHum.
Dudi Arisandi membuktikan bahwa latar belakang pendidikan bukanlah penghalang untuk meraih kesuksesan di bidang yang berbeda. Melalui pendekatan holistik dalam pengelolaan karyawan, ia berhasil membawa perubahan signifikan di dunia HR.
Lingkungan kerja yang positif, produktif, dan kolaboratif yang ia ciptakan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan karyawan, tetapi juga memperkuat posisi tiket.com sebagai salah satu perusahaan terbaik di Asia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement