Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bisnis 'Sederhana' Haidhar Wurjanto, dari Jualan Es Teh Indonesia di Pameran hingga Sukses Kembangkan 1000 Outlet

Bisnis 'Sederhana' Haidhar Wurjanto, dari Jualan Es Teh Indonesia di Pameran hingga Sukses Kembangkan 1000 Outlet Kredit Foto: Es Teh Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Es teh jadi salah satu minuman favorit hampir seluruh masyarakat negeri ini. Meskipun terdengar sederhana dan remeh, namun siapa sangka es teh yang dikenal sebagai jajanan murah bisa menggeliat hingga 1000 outlet?

Di tangan Haidhar Wurjanto, minuman es teh yang terdengar biasa saja berubah menjadi minuman kekinian yang digemari anak muda. Pemuda asal Bogor ini berhasil menciptakan inovasi dalam produksi es tehnya. 

Haidhar jeli dalam menilai kondisi pasar dengan tepat. Karena meskipun terdapat banyak macam minuman yang ada, di matanya, minuman yang paling sering dipesan di restoran, cafe, dan tempat makan lainnya adalah es teh.

Kejelian dalam melihat peluang sudah terasah sejak Haidar masih duduk dibangku SMA. Hal itu dibuktikan dengan berbagai usaha yang telah dilakoni, mulai dari berjualan crepes, aksesoris ponsel, pulsa hingga berjualan nasi goreng.

Baca Juga: Kisah Sukses Eka Tjipta Widjaja, dari 'Bisa' Beli Becak hingga Dirikan Sinar Mas Group

Haidar memulai usaha kecilnya dengan bermodalkan Rp5 juta. Dengan pemikiran “siapa sih yang ga minum es teh?” menjadikan Haidhar mengambil langkah berani untuk membuka booth di pameran yang terletak di Kemang Jakarta pada 2018. Sesuai perkiraannya, usaha yang hanya menjual “es teh” itu pun mendapat antusias tinggi. 

Nama brand Es Teh Indonesia pun dibuat dengan filosofi sederhana. Karena es teh dinilai sebagai minuman favorit masyarakat Indonesia, maka Haidhar menambahkan kata “Indonesia” setelahnya dan terbentuklah brand Es Teh Indonesia. 

Sebagai anak muda yang kreatif dan inovatif, Haidhar memikirkan konsep bisnisnya ini secara sederhana tetapi matang. Bersama tim, Haidhar membuat merek dagang dan branding yang menarik, packaging yang unik, hingga pengelolaan bisnis secara profesional.

Haidhar memodifikasi es teh yang sederhana menjadi penuh varian rasa seperti brown sugar, red velvet, oreo, avocado, dan masih banyak lagi

Pada Juni 2021, bisnis es teh yang digeluti Haidhar telah memiliki 250 outlet di Indonesia. Pada akhir tahun 2022, Es Teh Indonesia berhasil membuka 1000 gerai di seluruh negeri. Di saat itu, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatatkan rekor untuk “Pembukaan Toko Terbanyak Secara Serentak di 50 Lokasi Seluruh Indonesia” untuk Esteh Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait