Hadapi Ketatnya Persaingan, KiriminAja Perkuat Inovasi dan Tingkatkan Kualitas Layanan

KiriminAja, perusahaan teknologi logistik berbasis agregator, terus berkembang pesat dalam membantu pelaku usaha di Indonesia mengoptimalkan layanan pengiriman. Sejak berdiri hampir lima tahun lalu, KiriminAja telah memiliki lebih dari 220 ribu pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Founder & CEO KiriminAja, Fariz GTJ, menjelaskan bahwa KiriminAja berperan sebagai platform yang mengintegrasikan berbagai layanan ekspedisi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan.
Menurut dia, salah satu tantangan terbesar dalam industri logistik adalah tingginya transaksi dengan metode Cash on Delivery (COD). Pada 2022, metode ini mencapai 84% dari total transaksi e-commerce nasional senilai Rp200 triliun.
Ia menjelaskan bahwa COD masih menjadi pilihan utama masyarakat karena banyak pelanggan yang ingin memastikan barang sampai sebelum melakukan pembayaran. “Namun, COD juga memiliki tantangan, seperti pembeli yang tidak merasa memesan atau membatalkan pesanan saat barang tiba. Ini menjadi perhatian utama kami untuk meningkatkan efisiensi dan kepercayaan dalam proses pengiriman,” jelasnya.
Baca Juga: Terus Berinovasi! Bank Aladin Syariah Perkuat Layanan Digital Syariah
Selain itu, kondisi ekonomi yang mempengaruhi daya beli masyarakat juga berdampak pada bisnis UMKM dan industri logistik. “Ketika daya beli menurun, volume pengiriman juga ikut berkurang. Kami berharap pertumbuhan ekonomi ke depan semakin membaik agar bisnis UMKM dan logistik bisa kembali meningkat,” tambah Fariz.
Dalam menghadapi persaingan agregator logistik, tambah Fariz, KiriminAja lebih fokus pada inovasi dan peningkatan kualitas layanan daripada perang harga. “Kami ingin membangun nilai tambah, bukan hanya sekadar menawarkan harga murah. Keberhasilan pengiriman dan kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama,” katanya.
Untuk itu, Fariz mendorong para UMKM dan online seller untuk segera memanfaatkan kemudahan yang ada pada platform KiriminAja, seperti Integrasi Multi Ekspedisi, Rilis Dana COD lebih cepat, Fitur Undelivery untuk mengawasi kendala pengiriman, Customer Support 24 jam, dan Laporan pengiriman yang akurat dan transparan, serta memanfaatkan penawaran spesial KiriminAja untuk membantu online seller menekan biaya operasional dengan ongkos kirim yang lebih kompetitif.
Selain itu, beberapa brand telah bergabung bersama KiriminAja antara lain Aerostreet, Benings, Cover Super, Natasha, Paragon hingga Plugo. Melalui acara ini, KiriminAja berharap dapat terus menjadi mitra andalan para UMKM dan online seller dalam mengembangkan bisnis mereka.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement