Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kartu Disabilitas Mulai Berlaku di Commuter Line Bandung

Kartu Disabilitas Mulai Berlaku di Commuter Line Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Setelah sukses diterapkan di Yogyakarta dan Jakarta, kini Kartu Disabilitas mulai diberlakukan di wilayah Bandung. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna Commuter Line dengan kebutuhan khusus, agar lebih mudah dalam mengakses fasilitas transportasi umum.

Humas KCI Wilayah 2 Bandung, Leja Arlan, menjelaskan bahwa selama ini pengguna disabilitas dilayani melalui loket maupun pembelian tiket via aplikasi Access by KAI. Namun, keberadaan Kartu Disabilitas akan semakin mempermudah identifikasi dan pelayanan bagi mereka.

"Dengan adanya Kartu Disabilitas ini, tidak semua disabilitas dapat dikenali secara fisik. Misalnya, penyandang tuli, yang mungkin sulit diidentifikasi oleh petugas. Maka, kartu ini menjadi tanda pengenal yang mempermudah pelayanan bagi mereka," ujar Leja Arlan kepada wartawan di Stasiun Bandung, Jumat (7/3/2025).

Pengguna disabilitas yang ingin mendapatkan kartu ini harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Pendaftaran dapat dilakukan melalui barcode atau tautan yang tersedia di stasiun-stasiun Commuter Line. 

Baca Juga: Dorong Transportasi Massal, Bey Usulkan KRL dan Commuter Line Bandung Raya kepada Gubernur Terpilih

"Setelah diverifikasi oleh petugas, pengguna bisa mengambil kartu tersebut di Stasiun Bandung. Ke depannya, pengambilan kartu akan diperluas ke beberapa stasiun lain agar lebih mudah diakses,"ungkapnya 

Sementara itu, Manager Area II Bandung PT KCI, Agus Eko Utomo, berharap implementasi Kartu Disabilitas ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian pengguna Commuter Line lainnya. Dengan adanya Kartu Disabilitas, diharapkan perjalanan para penyandang disabilitas menjadi lebih nyaman dan inklusif di layanan Commuter Line.

"Kami berharap dengan adanya kartu ini, tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengguna disabilitas, tetapi juga menumbuhkan kesadaran bagi pengguna lain dan petugas kami untuk lebih peduli. Ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam meningkatkan layanan pelanggan sesuai dengan program perusahaan," pungkasnya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: