
Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya bersama Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo luncurkan branding tematik Karakter Komik Lokal pada stasiun dan gerbong kereta secara serentak (14/3/2025).
Peluncuran tersebut merupakan bentuk dukungan Kementerian Ekonomi Kreatif dan KAI terhadap Industri Kreatif Anak Bangsa.
Baca Juga: Kemenekraf Berupaya Ciptakan Regulasi Lebih Baik Bagi Kreator Konten Digital
Dengan menghadirkan Karakter Komik (IP Lokal) Si Bedil, Tuti & Friends, dan ‘Ga Jelas’ diharapkan dapat memberikan experience mudik dengan suasana baru yang menyenangkan.
Gagasan yang diinisiasi oleh Kemenko Infrastruktur kepada Kemenekraf melalui aktivasi ruang publik pada Bandara, Stasiun, Terminal, dan Pelabuhan, menampilkan berbagai hasil karya industri kreatif anak bangsa, khususnya pada momentum Ramadhan dan mudik lebaran 2025.
"Kemenekraf akan terus memfasilitasi para kreator untuk dapat semakin tampil dan dikenal melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk kerjasama dengan KAI di Stasiun Gambir pada hari ini. Pemerintah meyakini bahwa Industri Kreatif dapat menciptakan lapangan kerja berkualitas bagi generasi muda sekaligus berkontribusi terhadap target pertumbuhan ekonomi 8 persen," jelas Menekraf Teuku Riefky, dikutip dari siaran pers Kemenekraf, Sabtu (15/3).
Sebelumnya, Kemenekraf telah berkolaborasi melalui aktivasi game corner di Bandara Soekarno-Hatta, kolaborasi IP Webcomic Tahilalats dengan Garuda Indonesia, dan IP animasi wayang Desa Timun di TMII. Sedang dalam tahap koordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk aktivasi selanjutnya pada Terminal dan Pelabuhan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Advertisement